Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Dokter Asing Kerja di Indonesia,dr Tirta: Kami tak Kalah Kok

Sabtu 24 Oct 2020 17:25 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nidia Zuraya

dr Tirta Mandira Hudhi

dr Tirta Mandira Hudhi

Foto: dokpri
Pemerintah akan membuka kesempatan untuk dokter asing bisa praktik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan dokter asing untuk buka praktek di Indonesia. Dokter sekaligus relawan Covid-19 dr Tirta Mandira Hudhi menanggapi hal tersebut.

"Kalau secara umum saya menunggu peraturannya saja ya seperti apa. SOP nya seperti apa serta batasaannya kaya gimana," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (24/10).

Kemudian, ia menyarankan sebaiknya saat ini tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal terlebih dahulu. Jangan takut bersaing. Banyak Universitas bagus di Indonesia serta fasilitas kesehatan juga harus ditingkatkan.

"Tingkatkan SDM dan faskes lokal dulu saja. Kami tidak kalah kok," katanya.

Sebelumnya diketahui, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan membuka kesempatan untuk para dokter spesialis meski dari negara lain untuk praktik di Indonesia. Hal ini untuk menjawab kebutuhan dokter dalam negeri.

Luhut mengaku juga menyarankan hal ini ke Presiden Joko Widodo. Ia menilai, tidak masalah dokter asing untuk membuka praktik di Indonesia, apabila memang dokter tersebut punya spesialisasi yang di Indonesia tidak punya.

"Saya bilang ke presiden kenapa gak boleh kalau yang super spesialis yang kita tidak punya? Ya biarin aja dia praktik," ujar Luhut dalam paparannya di Lemhanas, Jumat (23/10).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA