Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

5 Penyanyi dan Band Indonesia Dituding Tukang Plagiat

Sabtu 24 Oct 2020 15:11 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Via Vallen.

Via Vallen.

Nama Via Vallen kembali menjadi bahan perbincangan

VIVA – Nama Via Vallen kembali menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Artis yang awalnya dikenal sebagai penyanyi cover ini dianggap terlibat sebuah tindakan memalukan dan kini menjadi musuh utama pendukung garis keras K-Pop.

Ya, pemicunya adalah video musik terbaru Via Vallen yang bertajuk 'Kasih Dengarkanlah Aku' dituding menjiplak konsep video musik artis beken Korea Selatan Lee Ji-eun atau yang mempunyai nama panggung IU.

Sebenarnya ini bukan yang pertama menimpa Via Vallen. Pedangdut Via Vallen juga pernah dituduh melakukan plagiarisme lewat lagu hitsnya "Sayang" beberapa tahun lalu. Lagu itu sangat mirip dengan lagu asal Jepang berjudul "Kiroro Mirae".

Baca juga: Bikin Malu, Konsep Video Via Vallen Ternyata Nyontek Artis K-Pop

Saat itu, Via Vallen berkilah tak tahu jika lagunya sangat mirip dengan lagu asal Negeri Sakura tersebut. Namun, hal itu dianggap omong kosong dan menganggap lagu Via Vallen hasil dari perbuatan memalukan alias plagiarisme.

Sejatinya, tak hanya Via Vallen yang pernah dituding melakukan tindakan menyontek karya orang. Beberapa artis tanah air juga banyak yang tersandung masalah serupa. 

Berikut 5 musisi dengan gelar ‘plagiat’ yang sempat bikin heboh tanah air yang dirangkum redaksi:

Armada Band1. Armada
Band kondang tanah air ini pernah diterpa gosip tak sedap saat mengeluarkan album pada 2017 silam. Salah satu singlenya, Asal Kau Bahagia, dituding menyontek lagu berjudul "Liu Xing Yu" milik grup vokal asal Taiwan F4 yang juga terkenal sebagai soundtrack film Meteor Garden.

Aura Kasih.

2. Aura Kasih
Lagu 'Mari Bercinta' Aura Kasih yang dirilis pada 2008 silam juga pernah menuai kontroversi. Single tersebut dituding menjiplak lagu yang dibawakan Sean Paul berjudul 'Give it To You'. Meski jelas ada beberapa kemiripan beberapa nada dari kedua lagu tersebut namun saat itu Aura Kasih membantahnya.

Zaskia Gotik.

3. Zaskia Gotik
Salah satu lagu milik Zaskia Gotik yang dirilis 2014 silam bertajuk 'Sisa Semalam' juga sempat diterpa isu tak sedap. Lagu tersebut dianggap mencontek Bad Romance yang dipopulerkan Lady Gaga. Terutama dari intro hingga reffnya meski coba dikaburkna dengan penambahan arransemen.

Vokalis Band Angkasa, Ato.

4. Angkasa
Band Angkasa juga pernah dituding melakukan aksi plagiat karya orang. Lagunya 'Jangan Pernah Selingkuh' dianggap menyontek lagu 'Poor Misguided Fool yang dipopulerkan Starsaillor. 

Cherrybelle

5. Cherrybelle
Nah, yang satu ini semakin komplet soal tudingan menjiplak. Girlband Cherrybelle yang lahir karena demam K-Pop di tanah air ini juga kena serangan aksi contek menyontek. Parahnya, menurut fans SNSD (girlband asal Korsel), Cherrybelle bahkan menjiplak semuanya mulai dari jumlah anggota, konsep, pakaian hingga beberapa lagunya. Antara lain lagu 'Beautiful' yang dianggap mirip 'My Child' hingga lagu Best Friend Forever yang dianggap mirip lagu 'Kissing You'. Dengan kata lain, semua diborong.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA