Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Dari AS, Austria, dan Prancis, Kini Prabowo Kunjungi Turki

Sabtu 24 Oct 2020 05:49 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Menhan Turki Jenderal (Purn) Hulusi Akar menyambut kedatangan Menhan RI Prabowo Subianto.

Menhan Turki Jenderal (Purn) Hulusi Akar menyambut kedatangan Menhan RI Prabowo Subianto.

Foto: msb.gov.tr
Menhan Turki Jenderal Hulusi Akar bertemu Prabowo membahas industri pertahanan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto Djodohadikusumo melanjutkan lawatannya ke luar negeri. Setelah bertemu Menhan AS Mark T Esper, Menhan Austria Klaudia Tanner, Menhan Prancis Florence Parly, Prabowo bertemu Menhan Turki Menhan Jenderal (Purn) Hulusi Akar di Kota Ankara pada Jumat (23/10).

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Turki, Jenderal Akar menyambut secara resmi kedatangan Prabowo dengan upacara militer yang diadakan di Kemenhan Nasional. Akar dan Prabowo, selaku mitra, mengadakan pertemuan satu lawan satu.

Prabowo terlihat didampingi Dubes RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal, anggota Komisi I DPR Sugiono, Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemenhan Brigjen Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte, Atase Pertahanan RI untuk Turki Kolonel (Inf) Sjaiful Thalib, dan ajudan pribadi Rizky Irmansyah.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak melakukan pertukaran informasi mengenai isu-isu pertahanan dan keamanan bilateral maupun regional, di samping materi kerja sama industri pertahanan.

Kunjungan Prabowo ke Turki merupakan ketiga kalinya sejak menjabat sebagai Menhan pada Oktober 2019. Pertama pada November 2019, dan kedua pada Juli 2020. Saat pertama kali ke Turki, Prabowo sempat dijamu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Selain itu, Prabowo juga berkesempatan menengok langsung galangan kapal selam milik Angkatan Laut Turki.

Prabowo juga sempat memegang kemudi kapal selam selama berada di Golcuk Naval Shipyard, Provinsi Kocaeli. Prabowo mengunjungi galangan kapal kapal selam Turki yang menguasai teknologi air independent propulsion (AIP) fuel cells buatan Jerman, yang selama ini diidam-idamkan Indonesia.

Pada kunjungan kedua, Prabowo bertemu Presiden Industri Pertahanan Turki Ismail Demir. Dalam pertemuan yang diunggah akun Twitter-nya, Demir mengaku bertukar pandangan tentang kerja sama alat utama sistem persenjataan (alutsista), di antaranya pesawat tanpa awak (UAV) dan kendaraan tempur. Prabowo juga menemui Menteri Pertanian dan Kehutanan Turki Bekir Pakdemirli di kantor Kementerian Pertanian dan Kehutanan di Eskisehir Road 9th Km Lodumlu, Kota Ankara.

Orang dekat Prabowo beberapa waktu lalu saat diskusi terbatas dengan sejumlah wartawan, termasuk Republika, membocorkan agenda kunjungan Prabowo ke Turki memang salah satunya untuk kerja sama kapal selam. Prabowo tertarik dengan teknologi kapal selam Turki, yang harganya terjangkau. Hanya saja, tidak dirinci apakah Turki-RI kerja sama pembuatan kapal selam, atau RI membeli kapal selam ke Turki.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA