Jumat 23 Oct 2020 23:23 WIB

20 Istilah Umum Perkuliahan yang  Wajib Diketahui Maba

Seiring berjalannya waktu,  mahasiswa akan paham  istilah-istilah tersebut. 

Mahasiswa baru (Maba( perlu mengenal 20 istilah umum perkuliahan.
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa baru (Maba( perlu mengenal 20 istilah umum perkuliahan.

REPUBLIKA.CO.ID,Oleh Ahmad Fachrurozi

Bagi calon mahasiswa baru (Maba) yang akan masuk dunia perkuliahan atau pun yang sudah mulai masuk kuliah tahun ini, biasanya kerap merasa asing dengan istilah-istilah baru yang ada di kampus atau perguruan tinggi. Tak jarang istilah-istilah itu pun membuat bingung, karena dunia perkuliahan berbeda jauh dengan SMA.

Untuk itu.... yuk kita simak istilah-istilah dalam dunia perkuliahan yang wajib Maba ketahui, seperti dikutip dari laman OSC Community.

1. Fakultas: Unsur pelaksana akademik bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu cabang ilmu pengetahuan. Fakultas ini dipimpin oleh seorang dekan. Kampus UBSI memiliki tiga Fakultas, yakni  Fakultas Teknik & Informatika (FTI), Fakultas Komunikasi & Bahasa (FKB), dan Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB).

2. Program Studi/Prodi: Merupakan istilah untuk jurusan kuliah. Jurusan dipimpin oleh ketua jurusan yang dipilih dari dosen dan bertanggung jawab langsung kepada dekan.

3.Satuan Kredit Semester (SKS): Satuan beban studi pada mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa. Satuan Kredit Semester yaitu bobot studi setiap mata kuliah.

Setiap mata kuliah punya SKS berbeda-beda, biasanya 2-3 SKS. Namun, ada yang bobotnya lebih tinggi, yaitu enam SKS, misalnya skripsi atau mata kuliah wajib. Jumlah beban SKS sendiri akan memengaruhi waktu berlangsungnya mata kuliah tersebut. Semakin banyak kamu mengambil mata kuliah yang memiliki beban tiga SKS misalnya, maka semakin lama kamu menjalani satu sesi kuliah.

4.Indeks Prestasi (IP): Artinya sama seperti nilai akhir semester. Di Indonesia, skala IP dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi adalah 0 (nol) hingga 4 (empat). Misalkan mahasiswa di kampus UBSI yang memperoleh IP 4 di akhir semester sudah pasti mendapat nilai “A” pada setiap mata kuliahnya. Penilaian di setiap universitas menggunakan huruf. Nilai “E” untuk yang paling rendah dan “A” yang paling tinggi. Kalau mau lulus mata kuliah biasanya nilai minimal harus di atas C.

5.Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): Nilai kumulatif mahasiswa dari semester awal hingga semester akhir. IPK sendiri dihitung dengan cara menggabungkan semua IP dan dibagi dengan jumlah semester yang telah ditempuh.

6. Cumlaude: Sebutan yang diberikan kepada mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu dengan IPK tinggi. Tradisi di kampus UBSI sendiri mahasiswa peraih cumlaude akan diapresiasi dengan diberikan beasiswa studi lanjut S1 bagi mahasiswa D3 atau studi lanjut S2 bagi mahasiswa S1.

7.Semester Ganjil: Masa perkuliahan pada semester 1, 3, 5 dan 7. Biasanya berlangsung antara bulan Agustus (akhir) – Desember.

8.Semester Genap: Masa perkuliahan pada semester 2, 4, 6 dan 8. Biasanya berlangsung antara bulan Februari (awal) – Juni.

9.Kalender Akademik: Jadwal yang disusun oleh rektorat dalam kurun waktu satu tahun yang memuat waktu penerimaan mahasiswa, masa perkuliahan, ujian, dan juga hari-hari libur.

10.Rektor: Dosen yang memimpin perguruan tinggi.

11.Dekan: Dosen di perguruan tinggi yang diangkat dengan tugas khusus mengajar dan memimpin sebuah fakultas.

12.Dosen Pembimbing: Dosen yang bertugas membimbing kamu dalam hal skripsi atau tugas akhir. Biasanya, pemilihan tema skripsi yang akan menentukan siapa yang akan menjadi dosen pembimbing nanti.

13.Dosen Penasihat Akademik (PA): Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah kredit yang akan diambil sesuai perkembangan studi mahasiswa.

14.Kartu Rencana Studi (KRS): Kartu isian yang berisi rencana studi dan banyaknya jumlah SKS yang diprogram untuk semester mendatang. KRS diisi oleh mahasiswa bersama dosen PA setiap awal semester dengan memperhitungkan IP semester sebelumnya.

15.Kartu Hasil Studi (KHS): Kartu yang memuat hasil studi setiap mahasiswa (per semester).

16.Kartu Tanda Mahasiswa (KTM): Kartu yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan registrasi administrasi secara lengkap, berfungsi sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa tersebut telah terdaftar pada sebuah perguruan tinggi.

17.Kuliah Kerja Nyata (KKN): Praktik langsung di lapangan menerapkan teori yang telah diperoleh di bangku kuliah.

18.Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM): Kalau di sekolah, mungkin kenalnya ekstrakurikuler. Di kampus, ada yang namanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahlian tertentu.

19.HIMA (Himpunan Mahasiswa): Organisasi mahasiswa di setiap jurusan/fakultas.

20.Praktik Kerja Lapangan (PKL): Mahasiswa akan menjadi karyawan magang di salah satu kantor, sebagai upaya memenuhi ketentuan jurusan. Seperti KKN/KKM, tidak semua jurusan punya program PKL. UBSI sendiri sudah melakukan MoU dengan perusahaan-perusahaan BUMN yang merupakan kelanjutan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang digagas oleh FCHI (Forum Human Capital Indonesia) sebagai Asosiasi Human Resource BUMN se-Indonesia.

Berikut tadi itulah istilah  yang wajib calon maba maupun maba ketahui agar tidak bingung. Seiring berjalannya waktu kalian pasti akan paham bahkan hafal istilah-istilah di atas.

*) Penulis adalah dosen Fakultas Teknik & Informatika kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement