Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Sandiaga Ungkap Tren Bisnis Masa Depan

Sabtu 24 Oct 2020 06:55 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah

Sandiaga Ungkap Tren Bisnis Masa Depan. Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Ungkap Tren Bisnis Masa Depan. Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno

Foto: Istimewa
Bisnis ke depan akan sangat bergantung terhadap data.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha nasional Sandiaga Uno mengungkapkan usaha yang kemungkinan bakal menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Dia mengatakan, salah satu bisnis yang akan berkembang di masa depan adalah digital disrupsi. 

"Boleh saja seorang menggeluti dunia bisnis pakaian, namun dia harus masuk ke dalam ekosistem digital," kata Sandiaga dalam keterangan, Jumat (23/10).

Dia melanjutkan, tren selanjutnya adalah data revolution. Dia menjelaskan semuanya hal akan terhubung dengan kemampuan kita mengelola dan menganalisa data sehingga bisnis ke depan akan sangat bergantung terhadap data.

Baca Juga

Dia mencontohkan Traveloka. Bisnis wisata dinilai tengah lesu di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Dia mengungkapkan, namun nyatanya mereka baru akan mendapat komitmen pasti pemodal besar karena kemampuan mereka mengelola data dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.

"Misalnya di bisnis keuangan, multifinance, atau malah di bisnis kesehatan. Itu dari data yang mereka kelola dengan baik," katanya.

Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini melanjutkan, tren bisnis ketiga adalah longevity atau umur panjang. Menurut Sandi, bisnis yang juga akan berkembang menjadi tren ke depan adalah bisnis yang berkaitan dengan kesehatan.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, tentu semua orang tidak ingin kesehatan mereka terganggu. Semua bisnis yang berkaitan dengan promotif, preventif, dan kesehatan itu akan berkembang pesat ke depan.

"Jadi bukan hanya rehabilitasi dan kuratif. Kesehatan kita akan primitif dan preventif. Mulai dari gaya hidup sehat, olahraga, makan yang bernutrisi, dan lainnya," katanya.

Sandi mengingatkan agar setiap pengusaha atau orang yang ingin memulai usaha harus melihat tren dalam menjalankan bisnisnya. Dia mengatakan, mereka bahkan harus bisa membaca sesuatu yang akan tren lima hingga 10 tahun ke depan.

"Nah saya selalu bilang ini yang disebut sebagai unstoppable global trend. Bahwa ada sesuatu yang tidak terhentikan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA