Jumat 23 Oct 2020 20:06 WIB

Riset Sebut Penggunaan Masker Kurangi Covid-19 dalam 3 Pekan

Penerapan protokol kesehatan penting untuk menurunkan kasus covid-19.

Orang tua memakaikan anaknya masker (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orang tua memakaikan anaknya masker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Sonny B Harmadi mengatakan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Protokol kesehatan ini dijalankan berdasarkan pengalaman menghadapi wabah dan pandemi di masa lalu, didasarkan riset dan kajian juga.

Menurut dia, pada negara yang masyarakatnya menggunakan masker secara ketat, dalam tiga minggu kasus positif COVID-19 turun drastis. Tersisa 20-25 persen saja kasus hariannya.

Baca Juga

Sonny mengatakan melakukan jaga jarak juga sudah diteliti secara ilmiah bermanfaat dalam mencegah penularan virus yang menyebar dari droplet dan aerosol. "Contohnya orang berbicara akan menyebarkan aerosol. Jadi jaga jarak dua meter bisa membuat kita menjadi lebih aman," kata dia.

Sedangkan untuk mencuci tangan dengan sabun, katanya, juga sudah diteliti secara ilmiah manfaatnya, dapat membunuh virus dan bakteri yang menempel di badan seseorang.

Ia mencontohkan masyarakat Jepang yang sudah memiliki kesadaran memakai masker ketika sedang kurang enak badan. Mereka tidak mau menulari orang lain virus atau penyakit yang sedang ada dalam tubuhnya.

"Selain itu juga sadar bahwa dalam kondisi imun yang sedang menurun harus mencegah agar tidak ada virus atau bakteri lain yang justru masuk ke tubuhnya. Jadi itu juga bentuk kepedulian sosial. Selain melindungi diri sendiri, juga sadar untuk melindungi orang lain," kata Dr Sonny.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement