Jumat 23 Oct 2020 23:03 WIB

Jubir Menag Jabat Plt Dirjen PHU

Dirjen PHU sebelumnya naik jabatan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jubir Menag Jabat Plt Dirjen PHU. Oman Fathurahman.
Foto: Republika/M Hafil
Jubir Menag Jabat Plt Dirjen PHU. Oman Fathurahman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru bicara Menteri Agama, Oman Fathurahman diangkat menjadi Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kemenag. Direktur Jenderal PHU sebelumnya, Nizar Ali naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Agama.

“Untuk Dirjen PHU sudah ada, Plt-nya Pak Oman Fathurrahman,” ujar Zainut saat ditemui Republika.co.id, Kamis (22/10).

Baca Juga

Sebagai penanggung jawab urusan haji dan umroh, menurut dia, saat ini Oman sedang melakukan persipan terkait pelaksanaan ibadah haji atuapun umroh. Namun, menurut dia, saat ini masih akan menunggu kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk membuka kembali ibadah umroh.

“Baik umroh maupun haji kami lakukan persiapan semua sebaik-baiknya. Jadi begitu di sana dibuka, kami sudah tidak ada kendala terkait pelaksanaannya,” ucap Zainut.

Sebelumnya, penyelenggaraan ibadah haji dan umroh di Indonesia selama tiga tahun belakangan dipegang oleh Prof Nizar Ali. Namun, dia kini dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag.

Menurut Zainut, ada sejumlah pejabat Kemenag yang mengikuti tahapan seleksi untuk menjadi Sekjen Kemenag, seperti Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dan juru bicara Kemenag Oman Fathurahman. Namun, yang terpilih akhirnya Nizar Ali.

Zainut menjelaskan, pemilihan Sekjen Kemenag tersebut dilakukan oleh tim penilai akhir yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, Menteri Agama Fachrul Razi juga ikut ke dalam tim penilai.

"Yang memberikan penilaian, tim penilai itu dari mulai ada dari tim penilai akhir itu langsung dipimpin oleh presiden," ujar Zainut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement