Jumat 23 Oct 2020 14:39 WIB

'KH Abdullah Syukri Abdikan Hidupnya untuk Kemajuan Santri'

KH Syukri Zarkasyi dikenal mengabdikan seluruh hidupnya untuk kemajuan santri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
KH. Abdullah Syukri Zarkasyi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
KH. Abdullah Syukri Zarkasyi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kembali kehilangan sosok ulama dan guru bangsa. KH Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia, Rabu (21/10) karena sakit. Mantan menteri pemuda dan olahraga RI periode 2004-2009, Adhyaksa Dault, menyebut sosok almarhum merupakan Tokoh Pendidikan Nasional dan Guru Bangsa. Ia merupakan sosok yang istikomah dan visioner.

"Duka mendalam saya atas kembalinya ke rahmatullah Dr. (HC). KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A., Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur pada Rabu, 21 Oktober 2020," ujar Adhyaksa Dault dalam pesan teks yang diterima Republika, Jumat (23/10).

Ia menyebut mengenal baik KH Syukri Zarkasyi. Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur ini dikenal mengabdikan seluruh hidupnya untuk kemajuan santri, pesantren dan bangsa Indonesia

Mantan Menpora ini juga mengingatkan semua pihak, jika pada akhirnya semua menusia akan mati. Sosok almarhum adalah salah satu teladan terbaik dalam menjalani sisa hidup.

 

"Insya Allah beliau husnul khatimah, diterima seluruh amalnya, diampuni kesalahannya, dan keluarga serta seluruh santri yang ditinggalkan diberi keikhlasan," lanjutnya.

Kepada seluruh bangsa Indonesia, ia meminta untuk mendoakan KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Semoga, Allah SWT menempatkan beliau di surga.

Ia juga menyampaikan salam serta hormat untuk keluarga almarhum dan keluarga besar Pondok Modern Gontor.

Almarhum Kiai Syukri meninggal di Gontor, Rabu (21/10) pukul 15:50 WIB. Beliau diketahui meninggal karena sakit. Kabar duka, dikonfirmasi adik almarhum, Prof Amal Fathullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement