Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Ortu Sebaiknya Dampingi Anak Saat Nonton TV, Ini Manfaatnya

Kamis 22 Oct 2020 22:57 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Orang tua diharapkan dapat mengawal aktifitas anak utamanya dalam hal menonton tayangan baik pada media televisi.

Orang tua diharapkan dapat mengawal aktifitas anak utamanya dalam hal menonton tayangan baik pada media televisi.

Foto: ASEP FATHULRAHMAN/ANTARA FOTO
Perhatian ortu terhadap anak sebagai wujud implementasi HAM kepada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Barat mengajak kepada kalangan orang tua untuk dapat mendukung terciptanya siaran sehat. Untuk mendukung siaran sehat dapat terwujud di Sulbar, maka peran untuk anak peran orang tua sangat dibutuhkan.

Ketua KPID Sulbar, April Ashari, mengatakan peran orang tua diharapkan dapat mengawal aktifitas anak utamanya dalam hal menonton tayangan baik pada media televisi maupun pada media lainnya. "Media sudah sangat mudah diakses oleh siapa saja, kehadiran orang tua dapat membimbing anaknya dalam memilih siaran yang ramah dan memenuhi tuntunan," ujarnya di Mamuju, Kamis (22/10).

Menurut dia, dengan adanya kehadiran pengawasan dan pengawalan orang tua terhadap anaknya, akan dapat meminimalisasi kemungkinan anak-anak menonton tayangan atau siaran yang tidak sesuai dengan usia dan kondisi kejiwaannya.

Perhatian orang tua terhadap anaknya sebagai salah satu bentuk implementasi pemberian hak azasi manusia orang tua kepada anaknya. Perhatian tersebut akan mendatangnya banyak manfaat. Salah satunya, berdampak pada perkembangan anak karena orang tua memberikan edukasi tentang klasifikasi konten tayangan yang layak didengar dan dilihat.

"Pendampingan orang tua yang berpegang norma etika dan budaya kepada anak akan menguatkan karakter anak memilih dan memilah hal yang pantas dan tidak pantas untuk didengar, dilihat bahkan ditiru dalam kehidupan," ujarnya.

                               

                           

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA