Sunday, 21 Rabiul Akhir 1442 / 06 December 2020

Sunday, 21 Rabiul Akhir 1442 / 06 December 2020

Menanti Dampak Positif dari Digelarnya MotoGP di Indonesia

Kamis 22 Oct 2020 23:04 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Foto udara bentuk lintasan lurus sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019).

Foto udara bentuk lintasan lurus sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019).

Foto: Antara/Ahmad Subaidi
MotoGP Mandalikan akan masuk pada kalender Seri Musim 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK - Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Odo RM Manuhutu berharap MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mendatangkan banyak manfaat. Ia berharap seri yang akan digelar pada musim 2021 itu  lebih baik dari kejuaraan yang sama di Thailand mengingat banyak pihak yang terlibat.

"Harapannya bisa lebih baik dari Thailand, baik dari sisi akomodasi maupun aksesibilitas," kataOdo RM Manuhutu pada Rapat Koordinasi Kerjasama Kementerian/Lembaga/Dunia usaha, Pemda dan Percepatan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Kamis (22/10).

Meski demikian, menurut Odo, pembangunan sirkuit untuk MotoGP Mandalika juga diharapkan tidak merugikan masyarakat sekitar. "Jangan sekali kali merugikan masyarakat karena pembangunan bukan mengenai hanya fisik saja, tapi masyarakat yang ada tinggal di sekitarnya bisa merasakan manfaatnya," tegas Odo dalam rapat koordinasi dengan tema "Kebijakan Pemerintah Provinsi NTB mendukung Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika".

Lebih jauh, Odo menjelaskan, status Mandalika sebagai "top destination" diharapkan mampu memberikan yang terbaik, terlebih dalam membangun destinasi yang berkualitas. Dengan rakor yang dilakukan, diharapkan mampu menyelesaikan masalah dan menjadi wadah koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun pihak PT Indonesia Tourism Development Corporation(ITDC).

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Zulkieflimansyah mengapresiasi pelaksanaan rapat koordinasi karena antara pemerintah dengan masyarakat sama-sama menginginkan pembangunan yang berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat.

"Saya kira kita semua "on the right track" walaupun ada hal-hal yang masih kurang. Kita koordinasikan agar menemukan solusi yang terbaik," kata Bang Zul, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Bang Zulmenilai pemerintah pusat sangat serius dalam membantu persiapan MotoGP Mandalika. Untuk itu semua pihak diharapkan bahu membahu mensukseskan kejuaraan yang balap motor paling bergengsi di dunia itu.


"Jadi luar biasa usaha pemerintah pusat dan saya melihat usaha pak Deputi juga luar biasa," kata Bang Zulmenambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA