Kamis 22 Oct 2020 20:22 WIB

Angka Kematian Covid-19 di Provinsi Prioritas Meningkat

Kenaikan angka kematian Covid-19 tertinggi terjadi di Aceh.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.
Foto: istimewa
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut terjadinya penambahan jumlah kematian mingguan di sejumlah provinsi prioritas. Dari 10 provinsi prioritas, daerah yang mengalami kenaikan angka kematian yakni di Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Aceh.

“Kenaikan tertinggi ada di Aceh yaitu naik 43,8 persen,” kata Wiku saat konferensi pers, Kamis(22/10).

Baca Juga

Kendati demikian, penurunan angka kematian juga terjadi di provinsi prioritas lainnya seperti di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Penurunan tertinggi di provinsi Jawa Barat yaitu 36,7 persen.

“Melihat dari data di atas, yang cukup memprihatinkan di mana tingkat kematian pada 50 persen dari 10 provinsi prioritas mengalami peningkatan,” jelas dia.

 

Sementara itu, jika dilihat dari penambahan kasus mingguan, sejumlah provinsi prioritas tercatat mengalami kenaikan kasus. Yakni di Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Aceh. Kenaikan tertinggi terjadi di Papua yang sebesar 27,1 persen.

Namun, beberapa provinsi juga mengalami penurunan yaitu Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

“Penurunan tertinggi ada di Bali yaitu menurun 17,3 persen,” kata Wiku.

Wiku pun meminta seluruh fasilitas pelayanan kesehatan agar mengikuti standar pengobatan dan pelayanan yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan lima organisasi kedokteran. Selain itu, ia juga meminta pemerintah daerah yang belum mengalami perbaikan agar terus berupaya menekan angka penularan.

“Mohon untuk seluruh pemerintah daerah agar memastikan kualitas terbaik dalam penanganan pasien Covid-19. Termasuk menangani sejak dini, utamanya pada kasus gejala sedang dan berat sehingga dapat meningkatkan potensi kesembuhan dan meminimalisir potensi kematian,” ungkapnya.

photo
Infografis Remaja Lebih Berisiko Terkena Covid-19 - (republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement