Kamis 22 Oct 2020 19:56 WIB

Pembuang Sampah di Kalimalang Bekasi Serahkan Diri ke Polisi

Video pembuang sampah di Kalimalang beredar luas di media sosial.

[Ilustrasi] Sampah di sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang,  Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.
Foto: Republika/Muhammad Tiarso Baharizqi
[Ilustrasi] Sampah di sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pembuang sampah di Kalimalang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akhirnya mendatangi Mapolres Metro Bekasi untuk menyerahkan diri. Video pembuang sampah di Kalimalang beredar luas di media sosial.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan pelaku pembuang sampah di Kalimalang itu telah menyerahkan diri guna memberikan keterangan kepada petugas. "Saat ini masih diinterogasi dulu oleh petugas, bukan diperiksa ya tapi interogasi. Dari keterangan awal, ia mengaku kalau sampah yang dibuang adalah sampah rumah tangga, bukan limbah," kata Hendra di Cikarang, Kamis (22/10).

Baca Juga

Hendra mengaku perbuatan pelaku dapat dikatagorikan tindak pidana ringan meski sampah yang dibuang bukanlah limbah berbahan berbahaya atau beracun hanya saja penegakan hukumnya berada di ranah pemerintah daerah. "Nanti untuk tindaklanjutnya itu ranahnya pemerintah daerah karena perbuatan pelaku melanggar peraturan daerah," ucapnya.

Pihaknya meminta petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bekasi untuk datang ke Mapolres Metro Bekasi guna menindaklanjuti pelanggaran yang dimaksud. "Makanya saya minta dari Satpol PP datang ke kantor saya karena di situ ada tipiring dan itu domainnya Satpol PP selaku penegak peraturan daerah," ungkapnya.

Hendra mengimbau segenap warga untuk tidak meniru perilaku pelaku yang membuang sampah tidak pada tempatnya sekaligus mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Bekasi Bersih. "Semoga dengan temuan kasus ini bisa membuat pelaku jera dan jadi pelajaran bagi yang lain agar tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement