Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Lukisan Berharga Filsuf Muslim Terkemuka Dilelang di Jerman

Jumat 23 Oct 2020 00:30 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Haji Bektash Veli filsuf Muslim terkemuka abad ke-17

Haji Bektash Veli filsuf Muslim terkemuka abad ke-17

Foto: wikipedia
Haji Bektash Veli adalah filsuf Muslm terkemuka di Anatolia.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Sebuah lukisan berharga yang berasal dari abad ketujuh belas seorang filsuf Muslim terkemuka, Haji Bektash Veli dijual di pelelangan Jerman.  

Lukisan Haji Bektash Veli 1651, seorang tokoh agama Alevi terkemuka yang tinggal dan mengajar di Anatolia, dijual kepada Kepala Pusat Penelitian untuk Dunia Arab dan Turki di Haarlem,  Belanda, Mehmet Tutuncu.  

"Saya sangat senang karena ketika membaca teks Utsmaniyah di bawah gambar itu, saya baru menyadari bahwa itu adalah gambar Haji Bektash Veli yang paling tua," kata Tutuncu dilansir dari laman Anadolu Agency pada Kamis (22/10).  

Baca Juga

Tutuncu mengatakan, bahwa lukisan berukuran 22 x 17 sentimeter (8,7 x 7 inci) itu bisa menjadi lukisan ikon Muslim tertua yang ada. Dia menambahkan, lukisan itu mungkin berasal dari sebuah buku besar.  

Dia mengungkapkan, UNESCO menyatakan pada 2021 sebagai tahun Haji Bektash Veli, faktor lain yang membuat lukisan itu sangat penting. 

Sumber: https://www.aa.com.tr/en/europe/germany-painting-of-muslim-mystic-sold-at-auction/2014402

"Haji Bektash Veli adalah nama yang sangat penting secara historis. Dia juga pemandu Janissari, divisi terpenting tentara Ottoman. Dia adalah elemen penting dari budaya Alevi dan Bektash," kata Tutuncu.

Dia menjelaskan, sampai saat ini semua lukisan Haji Bektash Veli dikenal berasal dari abad 19 atau 20, maka lukisan abad ke-17 ini permulaannya.  

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA