Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Muhammadiyah: Santri Perlu Sehat dan Kuat demi Bangsa

Kamis 22 Oct 2020 17:52 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Muhammadiyah: Santri Perlu Sehat dan Kuat demi Bangsa. Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Muhammadiyah: Santri Perlu Sehat dan Kuat demi Bangsa. Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Foto: Republika/Prayogi
Santri merupakan komunitas yang menentukan masa depan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan peran santri bagi bangsa sangatlah besar. Maka di tengah kondisi pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), kesehatan dan kekuatan santri perlu dipastikan sebagai bagian dari aset bangsa.

“Pertama, kami (Muhammadiyah) mengajak para santri untuk senantiasa hidup sehat dan menjadikan pesantren sebagai lingkungan yang sehat. Kedua, para santri dituntut oleh lebih berkiprah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Abdul saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (22/10).

Dia menambahkan, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia santri merupakan komunitas yang menentukan masa depan bangsa. Sejak zaman kemerdekaan, para santri telah berperan dalam merebut dan menjaga kemerdekaan Indonesia. Seiring berjalannya waktu terutama karena faktor pendidikan, dia menilai para santri tidak hanya mahir dalam ilmu agama, tetapi juga tampil menjadi pejabat publik di lembaga negara, partai politik, dan lainnya.

Baca Juga

Untuk itu menurutnya, tema hari santri di tahun ini sangat tepat dengan kondisi bangsa. Di tengah Pandemi Covid-19 ini, terdapat beberapa pesantren yang menjadi klaster penyebaran Covid-19. Maka tema santri sehat Indonesia kuat dinilai perlu direalisasikan dengan baik.

Dia menambahkan, santri hendaknya tidak menjadi komunitas yang eksklusif dalam lingkup organisasi Islam tertentu. Menurutnya, santri idealnya bersifat dan bersikap inklusif, lintas organisasi dan golongan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA