Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Berlatar Kilang Pertamina, Wisata Kutawaru Semakin Bercahaya

Jumat 23 Oct 2020 04:01 WIB

Red: Gita Amanda

Wisata malam Kutawaru berlatar Kilang Minyak Pertamina di Cilacap.

Wisata malam Kutawaru berlatar Kilang Minyak Pertamina di Cilacap.

Foto: Pertamina
Pertamina membuat titik-titik swafoto yang semakin menarik

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah yang berada di wilayah terdekat operasional kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap terus berbenah. Hal ini sebagai upaya meningkatkan daya tarik kunjungan wisata di kelurahan yang menjadi binaan Pertamina Kilang Cilacap tersebut.

Terbaru, kilang terbesar di Indonesia ini melakukan pengecatan ulang Dermaga Kutawaru dan pintu gerbang masuk kelurahan. Tak ketinggalan Pos Pengamatan (Posmat) TNI AL di wilayah ini turut dibenahi. “Kami bersama perangkat kelurahan setempat sejauh ini berupaya keras mendongkrak potensi wisata di kelurahan ini. Salah satunya adalah membuat titik-titik swafoto yang semakin menarik dan instragramable seperti di dermaga ini,” jelas Hatim Ilwan, Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, dalam siaran persnya.

Lanjut Hatim, beberapa waktu terakhir Pemkab Cilacap gencar menjual paket wisata malam berupa perjalanan menyusuri sungai Bengawan Donan di area Kelurahan Kutawaru yang berseberangan dengan kilang Pertamina. Berlatar pemandangan kilang Pertamina di malam hari yang gemerlap penuh cahaya, potret inilah yang terus dimaksimalkan.

"Termasuk yang baru saja kami lakukan adalah pemasangan logo besar Pertamina di kilang RFCC, sehingga semakin menarik kunjungan wisatawan,” lanjutnya.

Masih kata Hatim, penambahan daya tarik wisata akan terus dilakukan di kelurahan ini, diantaranya area kuliner khas Kutawaru. "Harapan kami, dengan adanya tempat kuliner bagi wisatawan menjadi sarana pengembangan usaha ekonomi bersama sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli warga," jelasnya.

Pihaknya tengah melakukan pengecekan area dengan mengukur luas lahan dan jumlah warga yang akan berjualan. "Konsepnya Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada) dengan pengaturan pedagang yang berjajar sehingga pengunjung bebas memilih tempat makanan dengan leluasa dalam satu area tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Rencananya kami bantu sarana dan prasarana agar nyaman berjualan," ujarnya.

Lurah Kutawaru, Slamet  mengakui dukungan  Pertamina sangat berarti mengingat Kutawaru adalah wilayah terdekat dari kilang yang memasok sepertiga kebutuhan BBM di Indonesia ini. "Bantuan Pertamina ini sangat penting dan bermanfaat untuk Kutawaru. Sebuah kelurahan yang terpisah dengan pusat Cilacap oleh sungai Bengawan Donan. Konsep pengembangan dari Pertamina tentu saja kami dukung agar Kutawaru semakin terkenal,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA