Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Legislator: F-35 Lebih Hebat Ketimbang Eurofighter Typhoon

Kamis 22 Oct 2020 17:05 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Pesawat Tempur F-35

Pesawat Tempur F-35

Foto: Anadolu Agency
Legislator sebut penting bagi Indonesia memiliki pesawat F-35 agar negara lain segan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono menilai pesawat F-35 asal Amerika Serikat (AS) lebih canggih ketimbang Eurofighter Typhoon asal Austria. Hal tersebut ia sampaikan terkait rencana Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membeli pesawat temour dalam kunjungannya ke beberapa negara belakangan hari ini. 

"Kalau euro fighter itu kan bekas kan yang ditawarkan. Kalau F-35 kan pesawat baru, secara kemampuannya juga jauh lebih hebat," kata Dave kepada Republika, Kamis (21/10).

Ia menambahkan, Singapura juga telah lebih dulu memiliki pesawat tersebut. Karena itu, penting juga bagi Indonesia memiliki pesawat F-35 agar negara lain segan bahwa Indonesia memiliki pesawat tempur dengan kemampaun semacam itu.

Baca Juga

"Paling nggak pesawatnya ada yang selevel dan juga kalau dari F series, kita udah punya F-16. jadi untuk upgrade personel kita itu lebih mudah, dari pada kita harus membeli pesawat jenis baru," ujarnya.

photo
Dave Laksono - (ROL/Havid Al Vizki)
Menhan Prabowo Subianto dikabarkan mengincar sejumlah pesawat tempur untuk kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam negeri. Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu, Prabowo disebut-sebut mengincar pesawat tempur F-35 buatan AS.

Selain mengincar pesawat F-35, Menhan juga berencana menjajaki pesawat buatan Austria, Eurofighter Typhoon. Tidak hanya itu Prabowo juga dikabarkan tertarik untuk mendatangkan pesawat jet tempur Rafale dari Prancis. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA