Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

The Real Sultan, Kekayaan Sultan Brunei Makin Besar

Kamis 22 Oct 2020 16:56 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

The Real Sultan, Harta Kekayaan Sultan Brunei Darussalam Ditaksir Capai Rp411 T!. (FOTO: Reuters)

The Real Sultan, Harta Kekayaan Sultan Brunei Darussalam Ditaksir Capai Rp411 T!. (FOTO: Reuters)

The Real Sultan, Harta Sultan Brunei Darussalam Ditaksir Capai Rp411 T

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Setelah Raja Thailnd, Maha Vajiralongkorn, sultan asal Brunei Darussalam menempati posisi kedua sebagai raja atau bangsawan terkaya. Ialah Sultan Hassanal Bolkiah yang menjadi pemimpin negara terlama kedua di dunia. Sultan Hassanal Bolkiah juga menjadi Perdana Menteri Brunei Darussalam, yang menjadikannya raja absolut bangsa.

Kekayaannya yang dikabarkan berasal dari bisnis ekspor minyak dan gas alam, disebutkan GQ India.com yang dikutip di Jakarta, Kamis (22/10/2020, perkiraan kekayaan bersihnya mencapai USD28 miliar (Rp411 triliun).

Baca Juga: 5 Hal Mewah Ini Hanya Bisa Dimiliki Sang Sultan Asia

Sultan yang termasuk orang terkaya di dunia ini tinggal di istana tempat tinggal terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman yang memiliki lebih dari 1.778 kamar. Bersamaan dengan itu, Sultan juga dikabarkan memiliki lebih dari 600 Rolls Royce.

Konon, pendapatan Sultan Hassanal Bolkiah mencapai Rp1,5 juta per detik dari aset minyak. Dari kekayaannya tersebut, Sultan juga kerap hidup mewah. Salah satunya dengan menghabiskan 19.000 poundsterling (Rp1,6 miliar) untuk menerbangkan penata rambut favoritnya ke Brunei melalui jet pribadi hanya untuk potong rambut.

Ia bahkan dikenal memiliki sepatu polo yang diterbangkan pakai helikopter. Sultan Hassanal Bolkiah telah naik takhta Brunei selama 52 tahun dan telah bergaul dengan banyak keluarga Kerajaan dari negara lain, termasuk Ratu dan Pangeran Phillip dari Inggris.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA