Kamis 22 Oct 2020 16:33 WIB

Bahaya Tumit Sakit Saat Pakai High Heels

Bila terus pakai high heels padahal tumit sakit, maka akan membahayakan tulang.

Bila terus pakai high heels padahal tumit sakit, maka akan membahayakan tulang (Foto: ilustrasi high heels)
Foto: www.layoutsparks.com
Bila terus pakai high heels padahal tumit sakit, maka akan membahayakan tulang (Foto: ilustrasi high heels)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suka pakai high heels tetapi tumit sering sakit? Pakar gizi medik dari FKUI-RSCM, Prof Saptawati Bardosono, menyarankan agar menurunkan ketebalan sepatu bertumit tinggi jika terus menerus merasa sakit pada tumit.

"Saat pakai high heels daerah tumit membutuhkan perhatian lebih untuk kesehatan tulang, kalau terus menerus dipakai dan merasa sakit berarti tubuh tidak mampu memperbaiki kepadatan tulang di daerah itu. Turunkan sentimeternya, jangan sampai membebani tubuh dengan sinyal mekanik," kata Saptawati, dikutip Kamis (22/10).

Baca Juga

Sementara itu, dokter bidang podiatri atau yang menangani masalah terkait kaki, Yolanda Ragland, menuturkan, sendi di lutut hingga kaki bisa terkena rematik jika terlalu sering memakai high heels. Hal ini terjadi karena cara mengimbangi diri saat berdiri atau berjalan dapat menyebabkan tulang rawan di sendi-sendi ini rusak.

Menurut dia, jika jari kaki tertekuk secara permanen ke bawah akibat tekanan dari alas kaki, maka mengenakan sepatu bertumit tinggi bisa membuat kondisinya lebih buruk. Seseorang justru akan semakin merasa sakit pada jari kaki yang tertekuk itu.

"Walau begitu, bukan berarti harus menghindari high heels. Hanya saja, jangan memakainya berlebihan atau terlalu sering," kata Yolanda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement