Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Kolaborasi PT PMLI dan Mata Garuda Bangun Negeri

Kamis 22 Oct 2020 16:25 WIB

Red: Hiru Muhammad

Sebagai perwujudan misi PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) untuk menjadi pusat keunggulan dan mitra strategis pengembangan bisnis dunia usaha. Hari ini Kamis, 22 Oktober 2020 dilakukan penandatanganan kerja sama kesepakatan bersama dengan Mata Garuda (Yayasan Ikatan Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bertujuan sebagai pusat kontribusi para anggotanya dalam pembangunan Indonesia).

Sebagai perwujudan misi PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) untuk menjadi pusat keunggulan dan mitra strategis pengembangan bisnis dunia usaha. Hari ini Kamis, 22 Oktober 2020 dilakukan penandatanganan kerja sama kesepakatan bersama dengan Mata Garuda (Yayasan Ikatan Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bertujuan sebagai pusat kontribusi para anggotanya dalam pembangunan Indonesia).

Foto: istimewa
Tantangan bangsa Indonesia salah satunya adalah mengembangkan kapasitas SDM

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Manusia tidak akan bisa mampu meraih tujuannya apabila tidak ada peran manusia lainnya, kumpulan manusia, komunitas dan ekosistem yang melingkupinya. Begitu pula dalam membangun sebuah negeri perlu gotong-royong dan kolaborasi segenap anak bangsa dengan energi positif, niat positif dan aksi positif bahu-membahu mewujudkan karya nyata menjadi "Signature" yang bisa menjadi bagian dari masa depan, kebanggaan dan kebahagiaan Bangsa Indonesia.

Tantangan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia harus diurai dan diselesaikan dengan baik serta cepat, salah satunya dengan mengembangkan kapasitas kepemimpinan dan kewirausahaan SDM Indonesia. Menyadari pentingnya kapasitas SDM tersebut sebagai faktor kunci kemajuan bangsa, maka PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) sebagai institusi pengembangan SDM tentu ingin turut andiL dalam memajukan Bangsa Indonesia. Bermodalkan fasilitas dan bertaraf internasional, PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) siap selalu setiap saat mendukung upaya pengembangan kapasitas putera-puteri bangsa dalam bidang leadership, manajemen, dan kewirausahaan.

Sebagai perwujudan misi PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) untuk menjadi pusat keunggulan dan mitra strategis pengembangan bisnis dunia usaha. Hari ini Kamis, (22/10) dilakukan penandatanganan kerja sama kesepakatan bersama dengan Mata Garuda (Yayasan Ikatan Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bertujuan sebagai pusat kontribusi para anggotanya dalam pembangunan Indonesia). Dalam sambutan Chiefy Adi K selaku Direktur Utama PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) menyampaikan penandatanganan kerja sama ini meliputi lima ruang lingkup yaitu

a. Exclusive Recruitment/Internship; Dalam hal ini PT PMLI sebagai talent pooling Mata Garuda, dimana Mata Garuda memberikan informasi demografi bidang keahlian anggota Mata Garuda untuk digabungkan dalam database talent pooling PT PMLI;

b. Capacity  Building  &  Joint  Program;  Kerja sama  program  pengembangan  SDM,

leadership dan culture dengan semangat berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk menciptakan SDM Indonesia yang unggul menuju Indonesia Maju;

c. Sponsorship; Kerja sama dalam bentuk dukungan PT PMLI kepada produk UMKM yang dimiliki oleh anggota Mata Garuda dengan memanfaatkan market place di PMLI melalui https://pmli.store dan bentuk dukungan PT PMLI untuk kegiatan Mata Garuda sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak dalam pelaksanaan kegiatan tersebut;

d. Joint Research; PT PMLI dan Mata Garuda bersepakat untuk menjalin kerja sama perihal joint research.

e. Penggunaan Fasilitas dan Peralatan PT PMLI; Mata Garuda maupun masing-masing anggota Mata Garuda dimana pun instansinya dapat memanfaatkan fasilitas PT PMLI sebagai tempat kegiatan dengan prinsip mutual trust, mutual respect, mutual understanding dan mutual benefit.

Mata Garuda sebagai kumpulan anak bangsa yang menerima beasiswa LPDP harus memiliki kewajiban untuk totalitas mengabdi dan berbakti pada Bangsa Indonesia sesuai bidangnya mengingat negara telah menyekolahkan kita semua kata Erbi Setiawan Ketua Umum Mata Garuda.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi contoh kolaborasi dan sinergi anak bangsa dalam upaya memajukan Bangsa Indonesia melalui peningkatan kapasitas SDM Indonesia yang unggul dan berdaya saing internasional. Selain itu, Kerjasama ini juga dapat memberikan sumbangsih positif bagi kedua belah pihak dengan mengedepankan asas mutual trust, mutual respect, mutual understanding, dan mutual benefit.

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI)

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia  (PMLI)  merupakan salah  satu  anak perusahan  PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC yang mempunyai visi menjadi Pusat Keunggulan dan Mitra Strategis dalam Mengembangkan Bisnis Kepelabuhanan, Maritim dan Logistik di Indonesia dan Asia Pasifik.

Transformasi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC menjadi pengelola pelabuhan berkelas dunia turut melandasi pendirian PT PMLI. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja berstandar internasional, PT PMLI berkomitmen sebagai pusat pengembangan kompetensi unggul yang mencetak pegawai dan kader profesional di bidang kepelabuhanan, maritim, logistik, manajemen, dan kepemimpinan.

 

Adapun kegiatan bisnis yang dilakukan oleh PT PMLI di antaranya :

a. Pembelajaran dan Sertifikasi;

b. Konsultansi dan Asesmen;

c. Penyediaan Tenaga Kerja Terlatih;

d. Learning Facility Management;

e. Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE);

f. Corporate Event Organizer;

g. Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management).

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA