Kamis 22 Oct 2020 05:52 WIB

Program Desa Ramah Lansia Bantu Lansia Tetap Sehat

Rumah Zakat juga telah membuat Kebun Gizi Lansia

Rumah Zakat berkomitmen memberikan perhatian kepada kelompok lanjut usia atau lansia. Melalui program Desa Ramah Lansia.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat berkomitmen memberikan perhatian kepada kelompok lanjut usia atau lansia. Melalui program Desa Ramah Lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Rumah Zakat berkomitmen memberikan perhatian kepada kelompok lanjut usia atau lansia. Melalui program Desa Ramah Lansia, Ratno selaku fasilitator Rumah Zakat terus mengembangkan berbagai aktivitas bersama lansia yang dipusatkan di Pos Lansia Husnul Khotimah Padukuhan Jetis Kulon, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Ratno bersama 4 kader lansia yaitu Tami, Endang, Surat, dan Sari terus melaksanakan kegiatan dengan tujuan agar lansia tetap sehat, bahagia, dan produktif. Salah satu kegiatan rutin bulanan yang

dilaksanakan adalah layanan kesehatan berupa pemeriksaaan gula darah, asam urat, kolesterol dan

timbang berat badan.

Selain mendapatkan pengecekan kesehatan, para lansia juga mendapatkan PMT berupa buah apel, pir, dan jeruk. Sebanyak 27 lansia yang hadir bertambah bahagia karena acara pagi ini bisa dilaksanakan di Balai Lansia Kebun Gizi Lansia yang baru saja selesai pembuatannya. "Remen saestu sakniki saged ngrasake balai anyare, matur nuwun Rumah Zakat kulo soyo seneng nderek sedoyo program kegiatan, mugi-mugi tambah berkah," ucap Mbah Slamet.

Layanan kesehatan juga diberikan kepada lima lansia yang fisiknya lemah dan tidak bisa hadir ke Pos Lansia Husnul Khotimah dengan mengunjungi ke rumahnya sekaligus memberikan PMT dan paket bantuan sembako. "Matur nuwun Rumah Zakat, sampun peduli kalih simbah," kata Atun.

Untuk mendukung Program Desa Ramah Lansia, Rumah Zakat juga telah membuat Kebun Gizi Lansia

dimana lansia diajak aktif terlibat untuk merawat tanaman sayuran dengan piket pagi dan sore. Semua hasil panen tanaman sayuran dan ikan lele dari Kebun Gizi Lansia ini akan diberikan kepada lansia anggota Pos Lansia Husnul Khotimah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement