Kamis 22 Oct 2020 00:33 WIB

2020 Jadi Tahun Tiarap untuk Proyek Hunian Vertikal

Rumah tapak, ruko dan rukan masih diminati pada tahun 2020 ini.

Foto suasana kompleks hunian vertikal di kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin (7/10/2019).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Foto suasana kompleks hunian vertikal di kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin (7/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Real Estate Broker Indonesia atau Arebi mengungkapkan properti rumah tapak mendominasi tahun ini. Ketua Arebi Lukas Bong mengatakan permintaan rumah-rumah tapak, ruko atau rukan di mana untuk jenis-jenis properti tersebut masih ada.

Kendati demikian, menurut Lukas, properti-properti tersebut harus dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian konsumen dan booming di pasar properti. Selain itu, dia menilai pada tahun ini para pengembang enggan atau kurang berminat untuk meluncurkan proyek-proyek properti bersifat high rise.

Baca Juga

"Kalau kita bicara tahun 2020 ini sangat jarang sekali para pengembang atau developer meluncurkan proyek hunian vertikal atau high rise," kata Lukas Bong.

Padahal, lanjut Lukas, proyek-proyek hunian vertikal atau apartemen hampir mendominasi proyek dan pasar properti di tahun 2019. Sayangnya pada tahun Covid-19 ini, para pengembang kurang berminat atau dalam kondisi "tiarap" untuk meluncurkan proyek hunian vertikal akibat Covid-19.

Sebelumnya tren pencarian atau deman konsumen terhadap rumah dengan harga di bawah Rp 300 juta masih mendominasi pada kuartal ketiga tahun ini.

Data Analyst 99 Group Rayhanali Heiko Amier menyebut persentase konsumen yang melakukan pencarian terhadap properti pada harga di bawah Rp 300 juta sekitar 38,1 persen. Sedangkan pencarian untuk segmentasi harga Rp 500 juta sampai dengan Rp 1 miliar sekitar 16 persen.

Sebagian besar pencarian properti terjadi di daerah Tangerang. Sawangan,dan Alam Sutera merupakan area yang memiliki kenaikan demand tertinggi yaitu mencapai 80.83 persen. Sebelumnya, dua wilayah ini tak masuk dalam top 5 area pencarian pada kuartal II/2020.

Dari masa ke masa, rumah masih jadi tipe properti utama yang paling dicari masyarakat. Tim Analis 99 Group menemukan bahwa setelah rumah, tanah merupakan tipe properti top deman pada kuartal III/2020 dengan persentase 6.21 persen, diikuti apartemen 4,29 persen, ruko 2,99 persen, dan sisanya gudang, area komersial, serta kantor.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement