Rabu 21 Oct 2020 19:35 WIB

Studi: Sinister Jadi Film Paling Menakutkan

Di posisi kedua dan ketiga ada Insidious dan The Conjuring.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Sinister. Berdasarkan sebuah studi, flm ini menjadi film horor yang paling menakutkan.
Foto: Summit Entertainment.
Salah satu adegan dalam film Sinister. Berdasarkan sebuah studi, flm ini menjadi film horor yang paling menakutkan.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebuah studi ilmiah menyatakan, Sinister 1 menjadi film paling menakutkan sepanjang masa. Ketakutan dapat didefinisikan oleh banyak hal dan berkisar dari orang ke orang.

Beberapa orang lebih takut dengan horor berlarut-larut yang ditemukan dalam film-film seperti Midsommar, sementara yang lain lebih suka ketakutan di depan mata seperti yang ditemukan dalam film The Conjuring atau Insidious.

Menurut laman Forbes, sebuah studi oleh Broadbandchoices menetapkan bahwa tidak ada film yang lebih menakutkan daripada Sinister.

Melansir dari laman sea.ign.com pada Selasa (20/10), pencipta studi tersebut, Daniel Clifford mengatakan studi Science of Scare dirancang untuk membantu orang menemukan film paling menakutkan secara ilmiah yang pernah dibuat. Tim ingin membuat orang-orang menghemat waktunya dalam mencari ribuan judul di layanan streaming seperti Amazon, Netflix, dan Shudder.

 

Studi itu mengukur detak jantung istirahat dari 50 orang dari berbagai usia saat mereka menonton lebih dari 100 jam film menakutkan. Ketika semua dikatakan dan dilakukan, penelitian menentukan daftar 35 film paling menakutkan, dan urutan teratas adalah Sinister.

Denyut jantung istirahat rata-rata dari 50 orang adalah 65 denyut per menit. Selama film yang dirilis pada 2012 itu ditonton oleh responden, rata-rata denyut jantung itu melonjak menjadi 86 BPM, yang setara dengan peningkatan 32 persen.

Tidak ada film lain yang mengalami kenaikan BPM rata-rata yang lebih tinggi. Insidious (2010) dinobatkan sebagai raja kengerian karena menyajikan ketakutan khusus yang membuat rata-rata BPM naik menjadi 133 selama menontonnya. Tidak ada film lain yang mengalahkan ketakutan individu itu. Secara keseluruhan, Insidious berada di posisi kedua di belakang Sinister.

Melengkapi 10 besar lainnya yakni The Conjuring berada di urutan ketiga, Hereditary di urutan keempat, Paranormal Activity di urutan kelima, dan It Follows di urutan keenam. Kemudian, The Conjuring 2 menduduki urutan tujuh. Sementara The Babadook, The Descent, dan The Visit masing-masing menduduki urutan delapan, sembbilan, dan 10.

Sinister bercerita tentang Ellison (Ethan Hawke) yang berprofesi sebagai jurnalis mencoba menggali alasan mengapa sebuah keluarga dibunuh secara mencurigakan di rumah barunya. Kira-kira, apakah Anda akan setuju dengan hasil survei setelah menonton Sinister?.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement