Rabu 21 Oct 2020 20:18 WIB

Manfaat Iradiasi, dari Bunuh Virus Hingga Pengawetan Makanan

Dengan iradasi, produk pangan bisa diawetkan sehingga dapat diekspor.

(Foto: ilustrasi makanan beku)
Foto: Flickr
(Foto: ilustrasi makanan beku)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menyatakan teknologi iradiasi dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Iradiasi bisa mensterilkan barang dari virus dan bakteri termasuk produk pangan dan alat kesehatan. Dengan iradasi, produk pangan bisa diawetkan sehingga dapat diekspor.

"Iradiator Gamma Merah Putih ini berfungsi mensterilkan barang, menghilangkan bakteri, virus, jamur di berbagai macam barang bisa pangan dan alat kesehatan," kata Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan, Rabu (21/10).

Baca Juga

Dia mengatakan iradiator Gamma Merah Putih di Kawasan Nuklir Serpong yang dioperasikan sejak 2017 sudah banyak dimanfaatkan untuk melakukan iradiasi pada berbagai produk. Menurut dia, proses iradiasi menjadi solusi untuk meningkatkan daya saing produk pertanian baik untuk konsumsi pasar lokal maupun pasar global.

Salah satu contoh buah-buahan yang ekspor ke Australia yang telah melewati proses iradiasi adalah mangga gincu. Iradiasi tersebut tidak mengubah kualitas produk pangan termasuk rasa dan warna makanan. Proses itu dapat menjaga produk tersebut tetap aman dikonsumsi.

Pada produk pertanian, iradiasi gamma bermanfaat untuk menunda pematangan, memperpanjang masa simpan dan pemenuhan standar karantina sehingga bisa diekspor.

Iradiasi juga bermanfaat untuk dekontaminasi mikroba seperti bakteri dan kapang. Dengan memanfaatkan teknologi nuklir tersebut, maka bisa dilakukan pasteurisasi obat herbal untuk perlindungan konsumen.

Teknik iradiasi tersebut telah dimanfaatkan pada berbagai produk tanaman obat seperti mahkota dewa, mengkudu, temulawak, daun mimba dan bebijian kemukus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement