Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

UNY Kirim Tiga Nama Calon Rektor ke Kemendikbud

Rabu 21 Oct 2020 17:16 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UNY.

Kampus UNY.

Foto: Dokumen.
Sidang Senat Tertutup diikuti 49 orang anggota senat.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Lima bakal calon rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sampaikan visi, misi dan program kerja 2021-2025 di Sidang Senat Terbuka. Sidang dipimpin Ketua Senat UNY, Prof Zamzani, dihadiri Kabiro SDM Kemendikbud, Diah Ismayati.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNY 2021-2025, Prof Moch Farozin mengatakan, panitia sudah berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan ruangan yang mereka gunakan. Sehingga, ruangan benar-benar steril, sehat, terhindar dari Covid-19.

"Tiap bakal calon diberikan waktu 15 menit, dan setelah selesai paparan diberi waktu undangan memberi pertanyaan. Lima menit tiap bakal calon rektor tanggapi pertanyaan tersebut, dan dipandu ketua Senat UNY," kata Farozin, Rabu (21/10).

Kelima bakal calon yang menyampaikan visi, misi, dan program kerja itu diawali Prof Sumaryanto yang kini menjabat Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Setelah itu, ada Prof Suyanta yang kini menjabat sebagai Direktur Pascasarjana.

Kemudian, Prof Siswantoyo yang kini menjabat Ketua LPPM, lalu Prof Lantip Diat Prasojo yang kini menjabat Ketua LPMPP, dan terakhir Prof Herman Dwi Surjono yang kini menjabat Dekan Fakultas Teknik.

Setelah visi, misi, dan program kerja, kelima calon dinilai dalam Sidang Senat Tertutup untuk mendapat tiga calon rektor. Penilaian meliputi 12 aspek yaitu kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, kepemimpinan, dan kemampuan.

Lalu ada komunikasi, kerja sama nasional dan/internasional, kinerja akademik, prestasi nasional dan/ internasional, pengalaman jabatan managerial dan/tugas tambahan, pengalaman organisasi profesi nasional dan/internasional.

Ada pula pengalaman organisasi kemasyarakatan nasional dan/internasional, dan pemahaman kondisi UNY mulai 2017-Agustus 2021. Sidang Senat Tertutup diikuti 49 orang anggota senat tanpa satu orang anggota senat yang tidak hadir.

Pemimpin rapat dibantu panitia pelaksana melakukan penghitungan hasil penilaian yang dilakukan anggota senat. Hasil penghitungan, rangking 1 Prof Sumaryanto, rangking 2 Prof Siswantoyo, dan Rangking 3 Prof Lantip Diat Prasojo.

Rangking 4 Prof Herman Dwi Surjono dan Rangking 5 Prof Suyanta. Itu berarti, tiga nama teratas yaitu Prof Sumaryanto, Prof Siswantoyo, dan Prof Lantip Diat Prasojo akan dikiriman ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Nantinya, akan dipilih Senat UNY bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan satu orang terpilih menjadi Rektor UNY Periode 2021-2025," ujar Farozin.

Plt Rektor UNY, Prof Margana, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang sukses melaksanakan semua tahapan. Ia menekankan, pemilihan rektor yang digelar empat tahun sekali merupakan tradisi biasa, bukan hal luar biasa.

Untuk itu, ia meminta semua senantiasa menjaga situasi dan kondisi di UNY yang damai, meneduhkan dan kondusif. Margana berpesan, siapapun pemimpinnya yang penting harus mampu mambangun super sistem yang kuat agar UNY makin berjaya.

"Insya Allah siapapun yang akan menjadi Rektor UNY periode 2021-2025, itu sudah ditakdirkan oleh Allah SWT," kata Margana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA