Rabu 21 Oct 2020 17:01 WIB

RS Azra Gelar Senam Osteoporosis Secara Daring

Osteoporosis termasuk masalah kesehatan yang kurang terdiagnosis dan diobati.

RS Azra bekerja sama dengan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) cabang Kota Bogor dan PT Abbott Indonesia menggelar workshop Senam Pencegahan Osteoporosis secara virtual.
Foto: RS Azra
RS Azra bekerja sama dengan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) cabang Kota Bogor dan PT Abbott Indonesia menggelar workshop Senam Pencegahan Osteoporosis secara virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia, RS Azra bekerja sama dengan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) cabang Kota Bogor dan PT Abbott Indonesia menggelar workshop Senam Pencegahan Osteoporosis secara virtual. Kegiatan ini sebelumnya rutin dilakukan secara offline sebanyak dua minggu sekali setiap bulannya.

“Sudah cukup lama, sekitar enam bulan kurang lebih kegiatan harus dihentikan, kami cukup rindu untuk berolah raga bersama mencegah terjadinya osteoporosis, salah satunya dengan senam pencegahan osteoporosis ini,” tutur Lily Soewarna, Ketua DPC Perwatusi Kota Bogor dalam siaran pers.

Osteoporosis merupakan suatu kondisi tulang yang lemah dan rapuh. Mengutip laman World Osteoporosis Day, saat ini, osteoporosis termasuk masalah kesehatan yang kurang terdiagnosis dan diobati.

photo
Kegiatan senam osteoporosis berlangsung live menggunakan akun Instagram dan Youtube @rsazra pada pukul 09.00 WIB. Instruktur Heru dengan sigap dan semangat menuntun alur gerakan. - (RS Azra)

Di seluruh dunia, jutaan orang berisiko tinggi mengalami patah tulang, namun tak banyak yang paham silent disease yang mendasarinya. Masalahnya tak banyak orang yang sadar mengalami osteoporosis sampai mengalami patah tulang.

Beberapa faktor yang mempengaruhi osteoporosis adalah usia yang semakin tua, menurut penelitian wanita lebih beresiko mengalami osteoporosis dibanding pria, memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita osteoporosis membuat anda beresiko lebih besar, dan asupkan kalsium yang rendah sejak dini berperan dalam perkembangan osteoporosis.

Kegiatan senam osteoporosis berlangsung live menggunakan akun Instagram dan Youtube @rsazra pada pukul 09.00 WIB. Instruktur Heru dengan sigap dan semangat menuntun alur gerakan. Tujuan dari diselenggarakannya untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat, betapa pentingnya mencegah terjadinya osteoporisis sejak dini, salah satunya dengan senam. Guna mengobati rasa rindu masyarakat maka diselenggarakan senam osteoporosis secara virtual.

“Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat bertemu berkumpul kembali dalam kegiatan rutin senam pencegahan osteoporosis di RS Azra, yang biasanya kami agendakan setiap hari Selasa, di minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Sehat selalu masyarakat di Kota Bogor,” tutup Riandy Adha selaku Event dan Media Relations RS Azra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement