Rabu 21 Oct 2020 16:05 WIB

Ini Sosok Darmawan Junaidi, Nahkoda Baru Bank Mandiri

Darmawan Junaidi berasal dari internal Bank Mandiri.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Direksi Baru Bank Mandiri  (dari kiri ke kanan): Direktur Corporate Banking Bank Mandiri terpilih Susana Indah K Indriati, Wadirut terpilih Alexandra Askandar, Dirut Bank Mandiri Terpilih Darmawan Junaidi, mantan Plt. Dirut Hery Gunardi dan Direktur Hubungan Kelembagaan terpilih Rohan Hafas berbincang disela-sela press conference virtual hasil RUPS LB Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (21/10).
Foto: Dokumentasi Bank Mandiri
Direksi Baru Bank Mandiri (dari kiri ke kanan): Direktur Corporate Banking Bank Mandiri terpilih Susana Indah K Indriati, Wadirut terpilih Alexandra Askandar, Dirut Bank Mandiri Terpilih Darmawan Junaidi, mantan Plt. Dirut Hery Gunardi dan Direktur Hubungan Kelembagaan terpilih Rohan Hafas berbincang disela-sela press conference virtual hasil RUPS LB Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (21/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) telah menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada hari ini, Rabu (21/10). Perseroan mengagendakan perombakan jajaran direksi.

Dalam RUPSLB Bank Mandiri, Darmawan Junaidi diberikan mandat menjadi direktur utama menggantikan Royke Tumilaar yang diangkat menjadi Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada September lalu. Kemudian pemegang saham juga merestui Alexandra Askandar menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri.

Baca Juga

Berdasarkan laman resmi Bank Mandiri, inilah latar belakang Darmawan Junaidi. Pria yang menyelesaikan pendidikan bidang hukum perdata, Universitas Sriwijaya pada 1990 ditugaskan sebagai Direktur Treasury Bank Mandiri sejak Agustus 2017. Karir Bank Mandiri lebih banyak bidang treasury, sejak merger Bank Mandiri pada 1999 hingga mendapat penugasan sebagai group head treasury Bank Mandiri pada 2016. Pada bidang distribution, pernah bertugas sebagai Regional CEO Bali & Nusa Tenggara Bank Mandiri pada 2015.

Saat ini mengawal beberapa group strategis yang berada dalam supervisinya, hingga berhasil memberikan kontribusi hingga 18 persen dari revenue Bank Mandiri pada 2019. Pada RUPS Bank Mandiri Desember 2019, kembali ditunjuk sebagai direktur treasury, international banking & special asset management, yang juga bertanggung jawab atas keberhasilan upaya loan recovery, legal, dan penyediaan solusi transaction banking wholesale segment.

Selain Bank Mandiri, pada 2016 hingga 2017 ditugaskan sebagai direktur keuangan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk. Kemudian sempat menjabat sebagai Plt. direktur utama yang sama periode Mei-Agustus 2017. Jabatan Komisaris Utama PT Semen Kupang Indonesia pernah juga dipercayakan sejak November 2016 hingga Agustus 2017.

Pencapaian kinerja dengan mengedepankan cost transformation serta In-organic growth mindset menjadi key points selama kepemimpinannya pada beberapa posisi Semen Indonesia Group.

Skill dan knowledge selama berkarir terutama mengasah perspektif menjadi lebih tajam mengenai kekuatan eksekusi yang baik dari strategi perusahaan, terus dikembangkan dengan mengikuti beberapa executive training di antaranya, strategic key account management oleh marcus evans professional training, orchestrating winning performance oleh institute management development (IMD), dan developing strategy for value creation dari London School of Business.

Selain itu, leadership dan solid team development skills juga ditingkatkan melalui executive training high performance leadership dari The University of Chicago Booth School of Business dan Leading into the Future: Managing in a Changing World dari Kellogg School of Management, Northwestern University, Chicago, sebagai bentuk awareness untuk berkontribusi secara jangka panjang bagi perusahaan.

Sementara Alexandra Askandar menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri. Wanita kelahiran 1972 meraih gelar Sarjana di Universitas Indonesia dan gelar MBA dari Boston University, Amerika Serikat.

Riwayat karir perbankannya antara lain adalah sebagai Group Head Corporate Banking pada 2015 dan sebagai Senior Executive Vice President pada 2016 Bank Mandiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement