Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Peluang Startup Melantai di Bursa Saham Indonesia

Rabu 21 Oct 2020 15:14 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Startup. Ilustrasi

Startup. Ilustrasi

Foto: expertbeacon.com
Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan besar berbasis teknologi yang berenaca IPO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan yang mengawali bisnisnya sebagai startup berpeluang besar untuk berkembang melalui bursa saham. Berkaca pada pendanaan di private market, penghimpunan dana melalui public market juga akan sangat besar.

"Saya melihat ada peluang startup untuk mencari pendanaan di public market," kata kata Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Patria Sjahrir dalam acara Capital Market Summit Expo (CMSE) 2020, Rabu (21/10).

Pandu mengatakan, perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di dalam negeri cukup banyak setiap tahunnya. Demikian pula halnya dengan jumlah dana yang dihimpun dari lantai bursa.

Hingga saat ini setidaknya terdapat 46 perusahaan yang sudah go public. Selain itu, masih ada sekitar 15 perusahaan lagi yang saat ini sudah masuk daftar antrean untuk tercatat di 2020.

Secara keseluruhan, jumlah penawaran umum baik saham maupun surat utang mencapai 132. Sedangkan total nilai yang terhimpun mencapai Rp 84,90 triliun. "Jadi ini juga opportunity yang menurut saya cukup besar untuk public market Indonesia," terang Pandu.

Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan besar berbasis teknologi yang berencana IPO seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka dan BukaLapak. Apabila rencana tersebut terealisasi di dalam negeri, Pandu melihat, potensi upside untuk perusahaan-perusahaan ini akan cukup besar.

"Bisa saja kapitalisasi pasar akan meningkat. Ini kesempatan yang bisa dicapture di bursa, apalagi untuk pemain-pemain ekonomi baru seperti startup," tutup Pandu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER