Rabu 21 Oct 2020 10:49 WIB

Mengenang Tony Lewis, Kiprah Bassis yang Kerap Eksis

Pentolan band The Outfield yakni Tony Lewis menghembuskan napas terakhirnya

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Musisi Tony Lewis
Musisi Tony Lewis

VIVA – Panggung musik sejagat kembali berduka. Setelah sebelumnya maestro gitaris Eddie Van Hallen lebih dulu berpulang, kini kembali seorang musisi dunia menutup usia.

Ya, pentolan band The Outfield yakni Tony Lewis menghembuskan napas terakhirnya, Selasa 20 Oktober 2020. Tony meninggal di London pada usia 62 tahun.

Tony Lewis merupakan penyanyi dan bassis band rock Inggris, The Outfield yang ngetop dengan sejumlah hits seperti "Your Love," "All the Love" dan "Say It Isn't So". "Your Love" memuncak di No. 6 di Billboard Hot 100 pada tahun 1986.

Membentuk The Outfield pada tahun 1984 silam, kiprah Tony Lewis mulanya dipengaruhi oleh sejumlah musisi besar lain yang menginspirasinya berkarier di jalur industri musik seperti The Beatles, Rolling Stones, David Bowie dan T. Rex.

Baca juga: Musisi Inggris Tony Lewis Meninggal Tiba-tiba di Usia 62

Saat duduk di bangku sekolah menengah, Lewis mengukir kecintaannya pada musik selangkah lebih maju membentuk band pertamanya dengan Alan Jackman. Lewis memainkan gitar bass dan Alan bermain drum.

Beberapa tahun kemudian keduanya bergabung dengan pemain gitar John Spinks dan membentuk band rock progresif yang mereka beri nama Sirius B namun tak bertahan lama dan bubar lantaran musik mereka kurang diminati.

The Outfield akhirnya berdiri pada 1984 dan meluncurkan album perdananya setahun kemudian berjudul Play Deep yang langsung menembus Top 10 chart album di Amerika Serikat dengan penjualan multi platinum.

Total ada 10 album yang dihasilkan The Outfield, sebelum akhirnya sang gitaris yang juga mengisi vokal, John Spinks meninggal dunia pada 2014 silam pada usia 60 tahun.

Setelah ditinggal Spinks yang jadi rekan musik terbaiknya, Lewis memutuskan untuk istirahat dari musik selama 2 tahun. Istrinya, Carol, mendorongnya untuk mulai merekam dan kembali ke apa yang benar-benar dia sukai.

Tony sempat bersolo karier, merilis album "Out of the Darkness" pada 2018. Sebuah persembahan bertajuk "Unplugged - The Acoustic Sessions," dirilis pada bulan Mei lalu.

Tony Lewis meninggalkan istri yang dinikahinya selama 35 tahun, Carol, putri Gemma dan Rosie, serta tiga cucu. Reputasi Tony sebagai bassis pun kerap mengingatkan orang dengan para bassis top dunia lainnya seperti Paul McCartney dan Sting.

Kabar duka meninggalnya Tonny Lewis juga sempat diumumkan lewat Twitter. 

“Dengan kesedihan yang luar biasa, kami mengumumkan bahwa Tony Lewis telah meninggal secara tak terduga. Dia adalah jiwa yang indah yang menyentuh begitu banyak kehidupan dengan cinta, semangat, dan musiknya. Dia sangat mencintai penggemarnya dan menikmati setiap kesempatan yang dia miliki ketika bertemu kalian semua. -Tim TL”

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement