Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Mahasiswa IPB Modifikasi Boba dari Bunga, Buah, dan Rempah 

Rabu 21 Oct 2020 06:27 WIB

Red: Irwan Kelana

Tim mahasiswa IPB University penerima Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mempresentasikan produk modifikasi boba yang dinamakan Sombura.

Tim mahasiswa IPB University penerima Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mempresentasikan produk modifikasi boba yang dinamakan Sombura.

Foto: Dok IPB University
Minuman ini memiliki kandungan kesehatan, tidak hanya kekinian.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mahasiswa IPB University memodifikasikan boba dari bahan yang rendah kalori, Pahmi Idris, M Rafi Fazan, Intan Delia, Risky listianto dan Almira Azmi Sabila adalah penggagas dari ide produk boba yang bernama “Sombura” atau Blossom Burst Boba.

“Ide ini tercipta karena adanya masalah di masyarakat khususnya kalangan millenial yang menyukai produk-produk fast food seperti bubble tea atau boba tapioca. Minuman boba ketika dikonsumsi berlebihan kurang baik bagi kesehatan karena mengandung kalori yang tinggi” kata Intan Delia selaku CEO Sombura dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (20/10).

Dikutip dari Grab Asia Tenggara, tren pertumbuhan boba di Indonesia pada tahun 2018 mengalami peningkatan mencapai lebih dari 8.500 persen. 

Menurut Intan, perlu adanya suatu inovasi produk yang memiliki peluang dan menjawab permasalahan yang ada. Selain itu, inovasi produknya pun harus memiliki kandungan kesehatan tidak hanya kekinian saja. “Sombura menjawab permasalahan ini, karena Sombura  terbuat dari bahan alami dan memiliki kandungan yang baik bagi tubuh,” ungkapnya.

Produk Sombura memiliki ciri khas karena akan memberikan new experience kepada para penikmatnya sensasi “meletus” ketika digigit dan rasa segar yang mengkombinasikan 3 bahan dasar yaitu bunga, buah dan rempah-rempah juga menjadi keunggulan dari produk ini nantinya.

Pahmi Idris selaku CMO menambahkan mengenai Sombura yang mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) nantinya akan dikembangkan dan diimplementasikan ketika masa pandemi ini sudah selesai. “Akan banyak pihak yang terlibat seperti petani, pedagang, dan lain-lain,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa produk ini memiliki dua varian rasa yaitu Serene dan Jolly.  Bahan dasar yang digunakan antara lain bunga rosela, papermint, jambu batu dan produk alami lainnya.

Sombura juga menyasar para pedagang minuman yang ada di sekitar sekolah dan peguruan tinggi. “Produk ini sedang tahap perencanaan, pematangan ide. Kemasan dan rencana formulasi produk sudah ada.  Ketika pandemi berakhir,  produk ini akan segera diluncurkan. Varian rasa yang akan di jual yaitu Serene dan Jolly dengan harga Rp 8.500 dan Rp 15.000,”  tuturnya. 

Adapun informasi lebih lanjut berkenaan detail bunga, buah dan rempah-rempah yang digunakan, dapat langsung mengunjungi laman sosial media  yakni sombura.official dan kanal youtube.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA