Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Morata Tajam, Juventus Bungkam Dynamo Kiev di Liga Champions

Rabu 21 Oct 2020 01:52 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Israr Itah

Penyerang Juventus Alvaro Morata dijaga pemain Dynamo Kiev Vitaliy Buyalskyi dalam pertandingan Liga Champions. Morata mencetak dua gol untuk Juventus.

Penyerang Juventus Alvaro Morata dijaga pemain Dynamo Kiev Vitaliy Buyalskyi dalam pertandingan Liga Champions. Morata mencetak dua gol untuk Juventus.

Foto: Valentyn Ogirenko/Pool via AP
Juventus menaklukkan Dynamo Kiev 2-0 lewat dua gol Alvaro Morata.

REPUBLIKA.CO.ID, KYIV -- Juventus mengawali pertarungan di ajang Liga Champions musim ini dengan mengamankan kemenangan. Juventus menaklukkan Dynamo Kiev dengan skor 2-0 dalam laga perdana Grup G di NSC Olimpiyskiy, Kiev, yang berakhir Rabu (21/10) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Juventus diborong oleh Alvaro Morata yang jadi ujung tombak karena Cristiano Ronaldo absen akibat Covid-19.

Hasil ini menempatkan Juventus sementara memuncaki klasemen Grup G. Sebab laga Barcelona vs Ferencvaros baru akan dimulai sebentar lagi.

Juventus mengawali babak pertama dengan mengambil inisiatif serangan. Namun tuan rumah bermain disiplin menjaga pertahanannya dari serangan Nyonya Tua. Tim asuhan Mircea Lucescu bermain sabar dengan operan pendek untuk membongkar pertahanan Juventus. Upaya menyerang dari sisi kanan tak benar-benar mengancam Bianconeri, namun penguasaan bola Dynamo setidaknya membuat gawang mereka tidak dirundung bahaya. Viktor Tsygankov sempat coba mencari peruntungan menjebol gawang Bianconeri namun gagal.

Baca Juga

Memasuki 20 menit laga berjalan, skuat asuhan Andrea Pirlo mulai menunjukkan kelasnya. Beberapa kali kesempatan dari tendangan sudut membuat jantung skuat Dynamo ketar ketir. Termasuk tendangan jarak dekat dari Federico Chiesa.

Vladyslav Supryaha membalas membuat repot pertahanan Juve. Tapi lini pertahanan di bawah komando Giorgio Chiellini tampil apik meredam gejolak serangan. Sayangnya pada menit ke-19, Giorgio Chiellini digantikan Merih Demiral karena cedera.

Tanpa Cristiano Ronaldo yang menjalani isolasi akibat Covid-19, Juventus mengandalkan serangan dari sisi sayap lewat Chiesa, Dejan Kulusevski, dan Adrien Rabiot. Aaron Ramsey yang beroperasi di tengah sesekali bertukar tempat menerobos dari sayap.

Tembakan Dejan Kulusevski dari luar kotak 16 masih bisa diblok kiper Georgiy Bushchan. Sedangkan gerakan pemain Dynamo terkunci di lapangan tengah.

Dunamo sempat kewalahan meredam serangan Juventus yang terus menciptakan peluang jelang turun minum. Beruntung Bushchan mampu terus-terusan menyelamatkan gawangnya dari gempuran Juve. Termasuk sepakan tumit jarak dekat Kulusevski yang diselamatkan Buschan pada menit ke-34. Berlanjut tendangan Ramsey di kotak penalti yang lemah pada menit ke-39. Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Baru saja babak kedua dimulai, Juventus menggempur Dynamo dari sisi sayap. Upaya itu telah dilakukan berulang di babak pertama. Setelah berkali-kali gagal, Juventus sukses mencetak gol berkat Morata pada menit ke-46. 

Morata memanfaatkan bola mentah Kulusevski yang gagal dibendung maksimal oleh Bushchan. Morata lolos dari jebakan offside hingga sontekannya sah menjadi gol.

Gol ini membuat permainan Bianconeri di atas angin. Namun Dynamo yang tak mau kehilangan poin berusaha terus menyerang. Dengan dukungan penonton yang memenuhi sebagian tribun penonton Stadion NSC Olimpiyskiy sempat membuat permainan meningkat.

Gol ini membuat permainan Bianconeri di atas angin. Namun Dynamo yang tak mau kehilangan poin berusaha terus menyerang. Dengan dukungan penonton yang memenuhi sebagian tribun penonton Stadion NSC Olimpiyskiy sempat membuat permainan meningkat. 

Pirlo berusaha menyegarkan lini tempurnya dengan memasukkan Paulo Dybala menggantikan Kulusevski pada menit ke-56. Empat menit kemudian, Lucescu memasukkan Gerson Rodrigues menggantikan Carlos de Pena demi membawa nafas baru bagi Dynamo. Pada menit ke-70, Lucescu memasang Benjamin Verbic dan Denys Popov menggantikan Viktor Tsygankov dan Aleksandr Karavaev. Upaya itu membuat permainan Dynamo lebih hidup.

Namun justru Dynamo yang kembali kebobolan lewat serangan sayap pada menit ke-84. Umpan silang Juan Cuadrado dimanfaatkan maksimal Morata melalui sundulannya. Usaha sundulan serta sepakan Shaparenko, Sydorchuk dan Mykolenko jelang peluit akhir gagal menyelamatkan muka tuan rumah. Juventus pun pulang dengan membawa tiga angka berkat kemenangan 2-0.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA