Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Ini yang Wajib dalam Mandi Junub, Jangan Sampai Terlewat!

Rabu 21 Oct 2020 05:10 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Ini yang Wajib dalam Mandi Junub, Jangan Sampai Terlewat!

Ini yang Wajib dalam Mandi Junub, Jangan Sampai Terlewat!

Foto: Flickr
Para ulama menyepakati satu praktik yang wajib dihukumi sebagai rukun mandi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ulama dari empat madzhab memiliki klasifikasi tersendiri dalam menjabarkan tata cara mandi junub yang mengacu pada Nabi berdasarkan riwayat-riwayat yang ada. Di antara klasifikasi itu, para ulama membaginya antara yang wajib dengan yang sunah.

Setidaknya terdapat 13 praktik mandi junub dari ulama empat madzhab. Namun, para ulama menyepakati satu praktik yang wajib dihukumi sebagai rukun mandi yang wajib dilakukan.

Dalam buku Praktik Mandi Janabah Rasulullah Menurut Empat Madzhab karya Isnan Ansory dijelaskan, praktik mandi junub yang disepakati wajib, yakni ta’mim bisyrah atau meratakan air ke seluruh tubuh.

Baca Juga

Sedangkan 10 praktik yang disepakati sunnah, antara lain mencuci tangan sebelum mandi, menghilangkan najis dan kotoran sebelum mandi, berwudhu sebelum mandi, menyela-nyela rambut saat mandi, mengawali basuhan dengan menyiram kepala, mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan, dan membasuh tiga kali.

Adapun terdapat lima praktik yang diperselisihkan hukumnya antara wajib dengan sunnah. Hal itu adalah niat, tasmiyah atau membaca basmalah, madhmadhah dan istinsyaq, dalk atau menggosok badan, dan muwalah.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA