Selasa 20 Oct 2020 15:25 WIB

Pesawat NASA Mendarat di Asteroid Bennu

Pesawat NASA akan mengambil sampel batuan di Bennu dan kembali ke Bumi pada 2023.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar permukaan asteroid Bennu.
Foto: nasa
Gambar permukaan asteroid Bennu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx membuat sejarah saat mencoba untuk pertama kalinya mengumpulkan sampel dari asteroid Bennu. Pesawat mendarat sebentar di permukaan berbatu.

Pesawat luar angkasa NASA OSIRIS-REx telah menghabiskan empat tahun terakhir dengan kecepatan 334 juta kilometer (207 juta mil) menuju dan kemudian memasuki orbit sekitar, asteroid Bennu.

Baca Juga

Bersama dengan pesawat luar angkasa Jepang Hayabusa ini adalah misi pengembalian sampel pertama ke asteroid. Tujuannya untuk mengumpulkan setidaknya 60 gram material dari permukaan Bennu, sebelum berbalik arah dan kembali ke Bumi dimana sampel tersebut dapat dianalisis sepenuhnya di laboratorium.

Dengan jarak yang sangat jauh, dibutuhkan sekitar 18 setengah menit untuk mengirim sinyal dari Bumi ke OSIRIS-REx.

Peneliti di Museum yang merupakan anggota tim sains OSIRIS-REx Prof Sara Russell mengatakan ini adalah misi yang sangat menarik yang akan membawa kembali lebih banyak sampel batu daripada misi luar angkasa lainnya sejak misi Apollo pada 1960-an dan 1970-an.

"Kami pikir Bennu mungkin mirip dengan beberapa meteorit yang kami miliki dalam koleksi kami di Museum tetapi kami tidak akan tahu pasti sampai misi tersebut kembali ke Bumi pada tahun 2023," katanya dilansir dari nhm.ac.uk, Selasa (20/10).

Cara OSIRIS-REx mengambil sampel asteroid Bennu yaitu pesawat ruang angkasa akan mencoba koleksi sampel pada hari Selasa 20 Oktober.  Misi ini akan melibatkan tiga manuver terpisah yang diperkirakan membutuhkan waktu empat setengah jam untuk diselesaikan.

Asteroid Bennu dipilih dari lebih dari satu juta asteroid yang dapat ditemukan meluncur melalui tata surya, sebagian karena orbitnya melintasi tata surya. Ilmuwan telah mempelajari asteroid Bennu sejak  1999.

"Batuan dari asteroid seperti Bennu juga diperkirakan berasal dari sekitar waktu Tata Surya lahir. Ini dapat memberi tahu kita tentang bagaimana Matahari dan planet-planet terbentuk dan berevolusi. Bennu mungkin mengandung air dan bahan organik dan kami pikir asteroid serupa berdampak pada Bumi awal untuk menyemai bahan yang dibutuhkannya agar kehidupan berkembang," kata dia.

Ia menambahkan juga mempelajari Bennu dengan sangat mendetail akan membantu para ilmuwan memahami apa yang dikenal sebagai efek Yarkovsky, yang berkaitan dengan seberapa kecil benda-benda gelap di ruang angkasa menyerap dan kemudian memancarkan panas dari Matahari. Ini dapat memengaruhi orbitnya secara detail dan membantu untuk memahami jika ada asteroid yang bertabrakan dengan Bumi.

Setelah OSIRIS-REx mengumpulkan sampelnya, ia diharapkan untuk memulai perjalanan panjangnya pulang dan semoga akan mendarat kembali di Bumi pada tahun 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement