Selasa 20 Oct 2020 10:43 WIB

Perbesar Nilai, Conoco Philips Akuisisi Concho Resources

Conoco Philips menganggarkan 9,7 miliar dolar AS untuk mengakuisisi saham Concho.

Perusahaan minyak asal Amerika Serikat, Conoco Philips mengakuisisi saham kontraktor migas khusus di bidang ekplorasi hidrokarbon asal Texas Concho Rresources.
Foto: ap
Perusahaan minyak asal Amerika Serikat, Conoco Philips mengakuisisi saham kontraktor migas khusus di bidang ekplorasi hidrokarbon asal Texas Concho Rresources.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan minyak asal Amerika Serikat, Conoco Philips mengakuisisi saham kontraktor migas khusus di bidang ekplorasi hidrokarbon asal Texas Concho Rresources. Langkah yang dilakukan perusahaan ini untuk memperbesar kapasitas perusahaan di sektor migas global.

Dilansir dari Reuters, Selasa (20/10), Conoco Philips menganggarkan 9,7 miliar dolar AS untuk mengakuisisi saham Concho. Kesepakatan itu menukar 1,46 saham Conoco Phillips untuk setiap saham Concho, dengan harga premium sekitar 1,5 persen di atas harga Jumat.

Saham Concho dan Conoco Phillips pada Senin turun di tengah aksi jual pasar, dengan Concho turun 2,8 persen pada 47,26 dolar AS dan Conoco Phillips turun 3,2 persen menjadi 32,70 dolar AS.

Kepala Eksekutif Concho Timothy Leach menjelaskan dengan bergabungnya Concho pada Conoco Philips merupakan langkah startegis bagi perusahaan untuk bisa tetap mengembangkan bisnis di sektor eksplorasi migas.

“Ukuran, cakupan, dan skala menjadi lebih penting. Kombinasi dengan Conoco Phillips ini adalah yang terbaik bagi pemegang saham kami.” ujar Leach, Selasa (20/10).

Pembelian tersebut mendorong Conoco Phillips ke jajaran produsen teratas di Permian Basin, ladang minyak utama AS. Ini juga menjadikannya produsen minyak dan gas independen AS terbesar, memompa 1,5 juta barel per hari (bph).

Produsen terbesar kelima berdasarkan volume di Permian, Concho memompa sekitar 319.000 bpd, dari sumur yang tersebar di lebih dari setengah juta hektar. Conoco Phillips adalah produsen utama di dua ladang serpih AS lainnya tetapi memompa sekitar 50.000 bpd di Permian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement