Selasa 20 Oct 2020 09:45 WIB

Inovasi Produk Buat Konsumen Nyaman Bertransaksi Daring

Konsumen sudah kembali memiliki keberanian berbelanja.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Kredivo. Kredivo melihat, inovasi produk buat konsumen nyaman bertransaksi daring.
Foto: Kredivo
Kredivo. Kredivo melihat, inovasi produk buat konsumen nyaman bertransaksi daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General Manager Kredivo Indonesia Lily Suriani mengatakan, kemudahan berbelanja daring selama pandemi membuat e-commerce dan transaksi keuangan digital semakin menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Baca Juga

Riset Kredivo dan Katadata Insight Center mengenai Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia menunjukkan peningkatan adopsi digital dan keyakinan konsumen untuk bertransaksi dalam nominal besar. Dari riset yang sama, peningkatan aktivitas transaksi digital didukung oleh konsumen Generasi Z dan Milenial yang berkontribusi sebesar 85 persen dari total transaksi. 

Meski demikian, semua kelompok umur tetap terbuka untuk bertransaksi online. "Hal itu terlihat dari jumlah transaksi rata-rata per orang per tahun yang hampir sama, yakni 17-20 kali dalam setahun berapapun usianya," ujar Lily dalam siaran pers di Jakarta, Senin (19/10).

Kredivo, kata Lily, menyatakan inovasi produk selama ini dapat menghadirkan rasa percaya dan kenyamanan pengguna serta masyarakat dari seluruh kalangan dan umur dalam bertransaksi daring. Di tengah upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, Kredivo fokus memberikan kemudahan akses dan fleksibilitas pembayaran guna terus menjaga pertumbuhan transaksi para merchant. Serta turut menjaga daya beli masyarakat dan meningkatkan kepercayaan konsumen Indonesia dalam berbelanja daring. 

"Berdasarkan data internal Kredivo pada September 2020, jumlah transaksi pengguna dan rata-rata nilai pembelanjaan (AoV) sudah melebihi angka sebelum pandemi Covid-19. "Kami optimistis pemulihan ekonomi bergerak ke arah yang positif. Konsumen sudah kembali memiliki keberanian berbelanja, apalagi jika distimulasi berbagai program yang menarik dan meringankan pembayaran," ucap Lily. 

Sebagai contoh, Kredivo juga menghadirkan opsi pembayaran berkala saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sepanjang akhir 2020 dengan bunga nol persen untuk tenor tiga dan enam bulan. Kemudahan akses keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat meski pandemi masih berlangsung. 

Lily meyakini kehadiran berbagai hari spesial belanja sepanjang kuartal IV 2020 akan meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat di tengah pemulihan ekonomi nasional dengan pertumbuhan GMV diperkirakan mencapai 50 persen dibandingkan kuartal III 2020.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement