Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Isyarat Lahir Muhammad SAW, Ada yang Lokasinya di Iran Kini

Selasa 20 Oct 2020 05:15 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Muhammad SAW lahir ditandai dengan peristiwa-peristiwa besar dunia Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Muhammad SAW lahir ditandai dengan peristiwa-peristiwa besar dunia Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Foto: MGROL100
Muhammad SAW lahir ditandai dengan peristiwa-peristiwa besar dunia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Terdapat sejumlah peristiwa besar yang terjadi menjelang kelahiran Muhammad SAW. Salah satunya adalah pertanda dan isyarat istimewa di mana padamnya api yang disembah penganut agama Majusi.

Dalam buku Sirah Nabawiyah karya Syekh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury dijelaskan, beberapa penanda isyarat kelahiran Muhammad SAW sangat istimewa dan tidak biasa. 

Antara lain runtuhnya 14 balkon Istana Kisra Anusyirwan (Raja Persia). Selanjutnya adalah padamnya api yang disembah penganut agama Majusi atau Zoroaster. Api Majusi yang telah menyala hampir seribu tahun dikisahkan tak pernah padam, hingga jelang kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kaum Majusi berusaha menghidupkan kembali api tersebut namun tetap tidak menyala.   

Kemudian runtuhnya beberapa gereja di sekitar Buhaira yang sebelum itu penuh sesak dengan pengunjung.. Mengeringnya Danau Sawa (wilayah Irak), yang saat itu dijadikan tempat pemujaan. Dan berbagai tanda kesamaan dengan lahirnya para nabi lainnya, seperti munculnya bintang besar dan bercahaya di malam kelahiran Nabi Muhammad SAW.  

Ibunda Nabi, Aminah, juga pernah memberitahu kepada Abdul Muthalib (kakek Nabi) mengenai informasi pertanda-pertanda itu. Dan setelah melahirkan Muhammad SAW, Aminah segera memberitahukan. Segera saja, Abdul Muthalib membawa cucunya tersebut ke dalam Ka’bah untuk berdoa dan memanjatkan syukur.

Beliau pun memilih nama Muhammad kepada cucunya tersebut yang mana nama tersebut tidak pernah dinamakan kepada siapapun oleh bangsa Arab sebelum ini. Dan siapa sangka? Nama itu menjadi nama yang sangat sesuai dengan perangai Muhammad SAW.

Akhlak Muhammad SAW, sifatnya, perlakuannya kepada manusia maupun alam semesta sangat sesuai dengan nama yang disematkan kakeknya itu. Muhammad merupakan nama yang berasal dari kata bahasa Arab yang artinya adalah yang terpuji. Begitulah Nabi, terpuji karena akhlaknya. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA