Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Generasi Muda Pertanyakan Ruang Gelap di Stranger Things

Selasa 20 Oct 2020 05:43 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Serial Stranger Things.

Serial Stranger Things.

Foto: dok Netflix
Generasi penonton Stranger Things tak paham foto teknik analog.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu latar tempat yang sangat populer muncul di serial Stranger Things adalah ruang gelap berwarna merah, tempat untuk mencetak foto dengan teknik analog. Para penggemar, terutama generasi muda saat ini, pun bertanya-tanya di media sosial, apa sebenarnya tujuan ruangan gelap berwarna merah ini.

Dilansir di laman Metro, Senin (19/10), dalam serial fiksi ilmiah Netflix yang berlatar tahun 1980-an itu, karakter Charlie Heaton, Jonathan Byers, sering terlihat di kamar gelap sedang berwarna merah mencetak fotonya secara manual. Namun, tampaknya tidak semua orang, terutama generasi muda saat ini terbiasa dengan teknik analog mencetak foto.

Di media sosial, anak-anak muda  membuat postingan berjudul 'Apa tujuan “ruang merah”  di Stranger Things?’. “Di Stranger Things, kami sering melihat Jonathan masuk ke dalamnya untuk' memperbaiki 'fotonya atau sesuatu,” tulis unggahan tersebut.

Mereka menyebut tak mengerti apa yang terjadi di dalam ruangan. Menurut mereka, para tokoh meletakkan foto itu di air, yang membuat foto-fotonya menjadi lebih jelas. “Apakah ini teknik film lama, dan jika demikian, apa namanya?” tulis mereka kebingungan.

Unggahan itu sebenarnya  dibuat tahun lalu. Namun, unggahan ini kembali viral setelah pengguna Twitter membagikannya dengan pengikut mereka. Kejadian ini pun menimbulkan celah antargenerasi.

Sebagian dari warganet yang saat ini berusia dewasa merasa terhina karena anak-anak muda saat ini menanyakan teknik mencetak foto yang pernah dialami di masa mereka kecil. Tak jarang dari warganet merasa kuno.

“Ini menyakitkan secara fisik untuk dibaca. Seperti saya merasa diri saya menjadi tua dan rapuh, dan berubah menjadi debu,” canda warganet lainnya.

Pengguna Twitter lain juga merasa tidak pernah terpikir generasi anak muda sekarang yang idak pernah berurusan dengan film. Namun, banyak orang yang bersimpati kepada penonton aslinya karena tidak mengetahui tentang sedikit teknologi yang sudah ketinggalan zaman.

Tak jarang dari mereka juga mencandai generasi muda saat ini untuk kembali menggunakan kamera ponsel. Mereka juga lalu mengingat masa-masa lalu dan berbagi bahwa banyak hal kuno yang memiliki masanya, seperti telepon rumah, penyimpan data yaitu disket, dan hal lainnya seperti harus mencabut internet untuk melakukan panggilan telepon.

Jadi, apakah Anda mengetahui fungsi ruang gelap berwarna merah?


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA