Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Chadwick Boseman Pernah Dipecat karena Pertanyakan Karakter

Selasa 20 Oct 2020 04:06 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Chadwick Boseman.

Chadwick Boseman.

Foto: Jordan Strauss / Invision / AP
Boseman merasa karakternya adalah stereotip karakter kulit hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan karier mendiang aktor Chadwick Boseman cukup terjal. Sebelum terkenal karena memerankan Black Panther untuk film-film Marvel, dia tertantang untuk mendapatkan beberapa peran yang sulit.

Dalam pidato pembukaan yang disampaikan kepada lulusan almamaternya, Howard University, pada 2018 lalu dia bercerita mengenai pengalaman pemecatan dirinya dari sebuah acara televisi. Menurut Hindustan Times yang dilansir pada Senin (19/10), dia dipecat karena mempertanyakan kepada produser tentang penggambaran stereotip dari karakternya.

Mendiang Boseman yang meninggal pada Agustus lalu setelah berjuang selama empat tahun melawan kankernya itu menyebut dia sempat dijanjikan untuk menghasilkan banyak uang untuk sebuah peran. Namun demikian, saat dia akan memainkan peran itu, dia merasa bertentangan dengan nuraninya.

“Peran ini sepertinya dibungkus dengan asumsi tentang kita sebagai orang kulit hitam dan mungkin bersifat stereotip,” ungkap dia.

Dia berperan sebagai seorang pemuda, yang melakukan kekerasan dan mengalami  keterlibatan geng. Menurutnya, hampir tidak ada sedikitpun nilai positif atau bakat dalam karakter tersebut.

Setelah syuting beberapa episode, dia mengutarakan kekhawatirannya itu kepada produser acara. Padahal, produsernya itu mengatakan kepadanya, bahwa mereka sangat senang dengan penampilannya.

“Saya dipecat dari pekerjaan itu keesokan harinya. Pertanyaan yang saya ajukan membuat para produser lengah. Ini mungkin membuka jalan bagi penggambaran yang tidak terlalu stereotip untuk aktor kulit hitam yang mengambil peran setelah saya,” jelas Boseman mengenang momentum itu.

Namun demikian, setelah peristiwa tersebut, dia malah dipanggil oleh para eksekutif karena mereka sangat puas dengan penampilan Boseman. Oleh karenanya, mereka menginginkan Boseman untuk bekerja dengan waktu yang lebih lama. “Mereka berkata, jika ada yang saya butuhkan, beri tahu mereka,” kata dia.

Boseman mengatakan, saat itu menjadi momentum yang tepat untuk menanyakan beberapa pertanyaan sederhana tentang latar belakang karakter yang dia perankan itu. Dia mempertanyakan beberapa pertanyaan yang dirasa berhubungan dengan plot.

Ia lalu memberi tahu produser bahwa dia akan dengan senang hati mendiskusikan karakternya. Dia pun mungkin memberikan penampilan yang terbaik darinya. “Saya dibebaskan dari pekerjaan itu keesokan harinya,” jelas dia.

Meskipun aktor tersebut tak menyebutkan nama acaranya, namun HuffPost mencatat serial All My Children muncul di filmografinya. Boseman dikreditkan karena telah membintangi hanya beberapa episode pertunjukan.

Dalam serial tersebut, dia berperan sebagai anggota geng Reggie Porter Montgomery. Dia digantikan tidak lain oleh lawan mainnya Black Panther Michael B Jordan, yang memiliki keluhan serupa tentang karakter tersebut.

"Saya berdiri di sini hari ini mengetahui bahwa pendidikan Howard University saya mempersiapkan saya untuk bermain sebagai Jackie Robinson, James Brown, Thurgood Marshall, dan T’Challa,” ungkap Boseman.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA