Senin 19 Oct 2020 18:16 WIB

Pelatih tak Mau Terbuai dengan Start Mulus Villa

Villa kini ada di peringkat kedua klasemen sementara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Reaksi Ross Barkley saat mencetak gol untuk Aston Villa di pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Leicester City dan Aston Villa di Stadion King Power di Leicester, Inggris, Ahad (18/10)..
Foto: AP/Rui Vieira
Reaksi Ross Barkley saat mencetak gol untuk Aston Villa di pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Leicester City dan Aston Villa di Stadion King Power di Leicester, Inggris, Ahad (18/10)..

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Aston Villa akhirnya membawa pulang tiga angka dari lawatan ke markas Leicester City pada pekan kelima Liga Primer Inggris, Senin (19/10) dini hari WIB. Gol semata wayang Ross Barkley pada menit ke-91 di laga itu membawa Villa memperpanjang rekor impresif Villa di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Berkat kemenangan tersebut, Villa mencatatkan rekor 100 persen kemenangan dari empat laga awal di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Rentetan empat kemenangan tersebut termasuk saat mencukur juara Liga Primer Inggris musim lalu, Liverpool, 7-2, dua pekan lalu. Torehan empat kemenangan ini pun menjadi rekor baru buat klub asal Birmingham tersebut.

Untuk pertama kalinya sejak musim 1930/1931, Villa berhasil meraih kemenangan beruntun di empat laga di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Tidak hanya itu, torehan empat kemenangan ini pun membawa Villa ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Villa hanya terpaut satu poin dari Everton, yang telah melakoni lima partai. Torehan Villa pada awal musim ini pun terbilang impresif. Terlebih, pada musim lalu, Villa nyaris terancam turun kasta ke Divisi Championship. Tim besutan Dean Smith itu akhirnya tetap bertahan di Liga Primer Inggris dengan finish di peringkat ke-17 klasemen akhir musim lalu.

Namun, pelatih Dean Smith tidak mau terbuai dengan start apik yang ditorehkan anak-anak asuhnya pada Liga Primer Inggris musim ini. Fokus utama Villa, tutur Smith, adalah mempersiapkan diri semaksimal mungkin dari satu laga ke laga beirikutnya.

''Kami fokus dari satu laga ke laga berikutnya. Kami tidak mau terlalu percaya diri saat berhasil meraih kemenangan ataupun begitu terpuruk seperti pada musim lalu saat kami berjuang keras menghindari degradasi. Kami harus bisa tetap seimbang,'' tutur Smith seperti dilansir Sky Sports, Senin (19/10).

Pelatih asal Inggris itu mengakui, kemenangana atas The Foxes ini menjadi langkah besar buat timnya. Terlepas dari absennya sejumlah penggawa Leicester City, tapi Smith menilai, kemenangan ini merupakan buah kerja keras anak-anak asuhnya. Secara khusus, Smith pun memuji pemain pinjaman dari Chelsea, Ross Barkley. Gelandang asal Inggris itu sukses mencetak gol di dua laga bersama Villa pada musim ini.

''Ini adalah kemenangan yang besar. Mereka mungkin tidak diperkuat sejumlah pemain kunci, tapi apabila Anda kehilangan konsentrasi, Anda bisa mengakhiri laga dengan kekecewaan. Itu adalah laga yang ketat dan sulit. Anda membutuhkan pemain berkualitas untuk bisa mendapatkan hasil di laga seperti itu dan Ross (Barkley) menunjukan kualias itu,'' kata Smith.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement