Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Mesin Otomat Penyedia Masker Gratis Tersedia di Stasiun MRT

Senin 19 Oct 2020 16:52 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Mesin otomat yang menyediakan masker gratis terpasang di pintu A stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta.

Mesin otomat yang menyediakan masker gratis terpasang di pintu A stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta.

Foto: Needs
Akan ada 10 mesin otomat penyedia masker gratis di stasiun MRT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan rintisan Needs Indonesia menghadirkan mesin otomat pengecer alias vending machine yang menyediakan masker gratis untuk penumpang moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Inisiatif tersebut sejalan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sejak 10 Oktober sampai 18 Oktober 2020, Needs Indonesia melangsungkan uji pemasangan mesin otomat pertama di Pintu A Stasiun MRT Istora Mandiri. Sebanyak 10 mesin lain akan dipasang hingga Desember 2020, dengan target peluncuran resmi pada Januari 2021.

Instalasi dihadiri salah satu pendiri Needs Indonesia, Octa Myanda, bersama Kepala Stasiun MRT Istora Senayan, Ario Bimo. Octa menjelaskan, perusahaan rintisannya yang bergerak di bidang Internet of Things (IoT) menyediakan layanan pembelian barang melalui mini vending machine.

"Kami memulai perjalanan startup ini sejak akhir Juli 2020, di mana produk pertama yang kami keluarkan adalah medical and hygiene mini vending machine, mengingat tujuan utama kami adalah untuk memenuhi kebutuhan end-user melalui teknologi mesin otomat," kata Octa.

photo
Cara pemakaian mesin otomat masker gratis yang tersedia di pintu A stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta. - (Needs)

Lewat pernyataan resminya, Needs menginformasikan produk mini vending machine besutannya mudah untuk diaplikasikan dan dioperasikan. Tidak perlu ada kontak langsung antara manusia dengan mesin sehingga menghindarkan penularan Covid-19.

Pengguna hanya perlu memindai kode QR yang ada pada layar mesin menggunakan ponsel masing-masing. Cukup masuk ke akun Needs bagi yang sudah memilikinya atau mendaftar terlebih dahulu dengan mencantumkan email dan nomor ponsel.

Setelah pengguna masuk ke akunnya, muncul halaman pemilihan barang yang akan dibeli. Pengguna akan diarahkan ke halaman pembayaran dan barang siap untuk diambil. Metode pembayaran mesin otomat Needs hanya melayani pembayaran melalui e-wallet.

Produk mesin otomat mini dari Needs memiliki tiga tipe ukuran, yaitu 40x40 cm, 60x60 cm, dan 100x60 cm. Proses pembuatan vending machine Needs, baik dari hardware dan software dilakukan secara mandiri, bukan melalui pembelian dari luar negeri.

Oleh karenanya, mesin sangat fleksibel dalam menentukan barang yang dijual di dalamnya. Tidak terpaku pada produk makanan dan minuman seperti mayoritas mesin otomat yang ada di Indonesia saat ini, tetapi juga kebutuhan kesehatan dan higienitas.

Dibandingkan vending machine konvensional berukuran besar, mesin otomat mini memiliki keunggulan dari segi harga jual, sewa, dan perawatan. Penempatannya pun lebih mudah diletakkan pada lokasi mana saja karena tidak membutuhkan banyak ruang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA