Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Tips Sederhana dan Efektif Turunkan Berat Badan

Ahad 18 Oct 2020 22:48 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat menerapkan intermittent fasting (Foto: Ilustrasi Diet)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat menerapkan intermittent fasting (Foto: Ilustrasi Diet)

Foto: Flickr
Jangan memaksakan diri tidak makan karbohidrat hanya demi menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi setiap orang, pola makan atau diet untuk mengurangi berat badan tidak pernah sama. Namun, pada dasarnya, yang perlu dilakukan adalah melakoni diet yang tak membuat kelaparan, konsumsi nutrisi yang optimal, konsumsi semua kelompok makanan, dan berolahraga secara teratur.

Sayangnya, pola makan dengan pembatasan kalori dengan mengonsumsi makanan dengan karbohidrat atau lemak rendah yang tak berkelanjutan secara alami dapat memberikan dampak tertentu. Misalnya, ingin makan sesuatu, sakit kepala, mudah tersinggung, kelelahan, sembelit, perubahan suasana hati, bahkan makan berlebihan setelah beberapa waktu.

Dilansir di laman NDTV, Ahad (18/10), ahli gizi Rachel Paul, mengatakan, konsep makan dalam porsi kecil dan sering, sebenarnya bisa berhasil untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Dia berbagi informasi mengenai beberapa tip dan trik untuk berhasil menurunkan berat badan.

1. Atur jadwal makan setiap tiga sampai empat jam

Dengan cara ini, tidak akan ada jeda panjang antara waktu makan. Dengan demikian, hal itu tidak akan membuat diri kelaparan dan kemudian makan berlebihan. Proses pencernaan juga cenderung akan lebih optimal.

2. Makan protein pada sebagian besar makanan

Protein adalah makronutrien yang dapat membantu membangun otot dan juga mengurangi nafsu makan.  Makanan kaya protein seperti telur, ayam, lentil, dan kacang-kacangan akan mengenyangkan dan dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

3. Fokus membuat pilihan-pilihan makanan yang realistis

Jika kita adalah seseorang yang tidak bisa hidup tanpa makanan pokok seperti nasi dan roti, maka jangan memaksakan diri untuk tidak memakannya hanya demi menurunkan berat badan. Ini adalah karbohidrat yang kaya serat dan akan memberi Anda energi yang cukup untuk menjalankan fungsi sehari-hari.

4. Ikuti pola makan dan pola olahraga yang dapat Anda ikuti seumur hidup

Diet harus yang mudah dan berkelanjutan untuk diikuti. Ini harus mencakup makanan musiman, dan 'budaya' yang telah dimakan dalam keluarga selama beberapa generasi. Praktikkan kontrol porsi dalam apa pun yang dimakan dan hindari makanan olahan, kemasan, dan makanan cepat saji sebanyak mungkin.

Paul juga menyarankan beberapa hal yang perlu dihindari jika ingin menurunkan berat badan secara berkelanjutan dan efektif, yakni:

Pertama, hindari untuk selalu ngemil. Konsumsi makanan yang hanya mengandung karbohidrat olahan.

Kedua, hindari memiliki mentalitas perfeksionis atau semua atau tidak sama sekali. Ketiga, mengikuti 'pembersihan' atau 'setel ulang' pola makan.

Mengenai latihan fisik, Paul menyarankan jangan pernah melakukan latihan yang tidak dapat dilakukan pada hari padat atau saat bepergian, dan lain-lain.

"Jadikan latihan fisik menjadi fleksibel. Simpan latihan yang berdurasi pendek dan yang bisa dilakukan tanpa peralatan apa pun," kata Paul. Dia juga menyarankan untuk selalu berkonsultasi kepada ahli gizi untuk pola makan yang tepat bagi masing-masing orang.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA