Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

5 Makanan yang Sebaiknya tak Dilupakan Saat Diet

Ahad 18 Oct 2020 13:49 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Diet (ilustrasi).

Diet (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Kentang sebenarnya tidak hanya serbaguna, tetapi juga sangat kaya nutrisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan memainkan peran utama dalam fungsi dasar tubuh dan merupakan sumber nutrisi utama bagi tubuh. Jenis makanan yang dimakan, cara menyiapkannya, dan seberapa higienis kondisinya, juga berperan penting dalam menentukan risiko berbagai infeksi dan penyakit.

Makanan yang sehat membantu tubuh melawan penyakit dan meningkatkan imunitas yang dibutuhkan ketika pandemi Covid-19 seperti sekarang. Menurut sebuah studi oleh Plos One, makanan diberi peringkat menurut Nutritional Fitness, pendekatan ilmiah untuk menurunkan berat badan berdasarkan cara tubuh bekerja pada tingkat metabolisme dan sel.

Nutritional Fitness mengacu pada seberapa mudah bahan pangan dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit. Meskipun banyak makanan yang masuk dalam daftar, berikut lima makanan yang sehat, berkelanjutan, dan bergizi seperti dilansir di laman Times Now News, Ahad (18/10).

1. Salmon

Salmon yang kaya asam lemak omega 3 bermanfaat bagi kesehatan jantung, kulit, dan rambut. Namun ikan berlemak juga mengandung berbagai nutrisi lain, yang menjadikannya makanan yang enak untuk ditambahkan ke makanan. Sebanyak 100 gram salmon liar mengandung 2,8 gram omega-3, protein hewani berkualitas tinggi, serta vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, selenium dan vitamin B.

2. Kale  

Kale, sayuran berdaun populer yang ditambahkan ke berbagai makanan sehat kaya nutrisi seperti vitamin C dan A. Kale juga mengandung vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, dan mangan dalam jumlah besar. Kale juga kaya serat, dan rendah kalori yang menjadikannya makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal karena khasiatnya yang meningkatkan imun, cita rasanya juga enak jika ditambahkan ke berbagai masakan. Bawang putih adalah salah satu makanan paling kaya nutrisi, tinggi vitamin C, B1 dan B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan dan selenium. Bawang putih juga kaya akan senyawa sulfur bermanfaat seperti allicin.

4. Kentang

Kentang sering didiskreditkan sebagai menu sehat karena kandungan pati dan tren diet tanpa karbohidrat. Kentang sebenarnya tidak hanya serbaguna, tetapi juga sangat kaya nutrisi. Sebuah kentang besar mengandung kalium, magnesium, besi, tembaga dan mangan yang tinggi. Ini juga mengandung vitamin C dan sebagian besar vitamin B.

5. Beri

Buah beri sangat kaya nutrisi yang membuatnya menjadi favorit untuk makanan penutup, makanan ringan, dan bahkan sebagai bahan dalam makanan. Buah beri sarat dengan antioksidan dan senyawa yang dapat membantu tubuh tetap sehat, mengurangi risiko penyakit, bahkan menangkal kanker.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA