Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

24 Juta Siswa Mesir Mulai Tahun Ajaran Baru Selama Pandemi

Ahad 18 Oct 2020 12:49 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Siswa Mesir kembali ke sekolah.

Siswa Mesir kembali ke sekolah.

Foto: reuters
Hari pertama sekolah dihabiskan untuk menyosialisasikan tentang kebersihan.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO –  Di tengah tindakan yang sedang diambil untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, 24 juta siswa Mesir telah memulai tahun ajaran baru. Mereka berada di 56.000 sekolah yang berbeda.

Pimpinan sekolah menghabiskan hari pertama sekolah untuk menyosialisasikan kepada siswa tentang kebersihan esensial dan cara mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Teknis mengedarkan tindakan pencegahan untuk sekolah.

Misalnya, menindaklanjuti mereka yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi untuk membatasi penularan infeksi, meningkatkan kesadaran semua kelompok yang ikut serta dalam pendidikan. Termasuk keluarga siswa dan menerapkan jaga jarak.

Perwakilan dari Direktorat Pendidikan dan Teknik di Kegubernuran Giza, Mahmoud El-Fouly mengatakan tingkat kehadiran siswa pada hari pertama sekolah mencapai 100 persen. Dia berbicara kepada siswa di pagi hari untuk meyakinkan mereka tentang pandemi.

“Mesir bebas dari virus Covid-19, tapi pencegahan lebih baik daripada pengobatan,” kata Mahmoud, dilansir Arab News, Ahad (18/10).

Dia menyerukan untuk selalu menjaga kebersihan pribadi, ventilasi ruang kelas yang konstan, serta tempat berkumpulnya siswa di dalam sekolah. Sumber resmi menyebut di awal semester pihak kementerian akan menindaklanjuti kehadiran siswa dan permasalahan yang mungkin muncul. Sekolah memiliki instruksi bagaimana menangani setiap kasus penyakit dengan cepat.

Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir membantah laporan dimulainya ajaran di universitas untuk tahun akademik 2020-2021 akan ditunda. Disebutkan tahun ajaran semua perguruan tinggi nasional dimulai tanggal yang diumumkan pada Sabtu.

Semester pertama tahun akademik di Mesir akan berlangsung selama 14 pekan yang berakhir pada Kamis 21 Januari 2021. Juga disertai dengan ujian semester pertama yang berlangsung dari 23 Januari hingga 4 Februari 2021.

Sementara libur pertengahan tahun berlangsung dari 6 Februari hingga 18 Februari 2021. Kemudian semester kedua dimulai pada 20 Februari 2021 dan berlanjut selama 16 pekan hingga 10 Juli 2021. Ujian akhir semester akan dilakukan selama bulan Juni dan Juli 2021.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA