Ahad 18 Oct 2020 05:56 WIB

Hyundai, BMW, Mercedes Tarik 50 Ribu Kendaraannya, Ada Apa?

Tak hanya mereka, empat perusahaan otomotif lain juga melakukannya.

Rep: Rizky Surya/ Red: Joko Sadewo
Hyundai
Foto: EPA
Hyundai

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Hyundai Motor Co, BMW, Mercedes-Benz dan empat perusahaan otomotif lain secara sukarela akan menarik kembali hampir 50 ribu kendaraan hasil produksinya. Ini dilakukan untuk memperbaiki komponen yang rusak.

Hal itu disampaikan Kementerian Transportasi Korea Selatan baru-baru ini. Dilansir dari kantor berita Yonhap pada Sabtu (17/10), peristiwa ini adalah yang terbaru dari serangkaian penarikan kembali oleh pembuat dan importir kendaraan yang beroperasi di Korea Selatan. Masalahnya lantaran ketidaksesuaian komponen kendaraan.

Dirincikan empat perusahaan lainnya yang menarik kendaraan ialah Kia Motors Corp., Audi-Volkswagen Korea, Jaguar Land Rover Korea dan Daijeon Machinery Co, yang mengimpor sepeda motor Kawasaki. Sehingga total kesemua perusahaan itu menarik 49.959 unit kendaraan karena komponen yang rusak. Hampir 50 ribu kendaraan itu terdiri dari 64 jenis berbeda.

Salah satu masalahnya termasuk kemungkinan kebocoran dalam selang pasokan bahan bakar di minivan  Kia Motors Corp. Lalu ada timing belt yang salah pada mesin pembakaran sedan BMW 520d, komponen poros baling-baling yang rusak di SUV GLK 220 CDI 4MATIC Mercedes-Benz, dan sistem suara klakson yang rusak di motor Kawasaki ZX-6R.

Perusahaan-perusahaan otomotif tersebut dikabarkan mulai menyediakan layanan perbaikan dan penggantian atas kerusakan komponen. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement