Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Manfaat Kayu Manis untuk Peradangan Hingga Diabetes

Ahad 18 Oct 2020 05:35 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Nora Azizah

Kayu manis lebih dari sekedar bumbu yang bisa menambah rasa pada makanan (Foto: ilustrasi kayu manis)

Kayu manis lebih dari sekedar bumbu yang bisa menambah rasa pada makanan (Foto: ilustrasi kayu manis)

Foto: Piqsels
Kayu manis lebih dari sekedar bumbu yang bisa menambah rasa pada makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kayu manis lebih dari sekedar bumbu yang bisa menambah rasa hangat pada makanan. Kayu manis ternyata memiliki kasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Berikut ini dilansir dari Insider, Sabtu (17/10), ada empat manfaat kayu manis yang didukung secara ilmiah dan tip untuk memasukkan bumbu ke dalam makanan.

Kandungan antioksidan paling besar
Menurutahli gizi diet terdaftar (RDN) dengan Institute for Integrative Nutrition, Sheri Vettel, antioksidan memerangi radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang berasal dari luar, seperti polusi dan proses alami tubuh seperti pencernaan. Ketika terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh, maka bisa terjadi stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Mengurangi peradangan
Peradangan adalah bagian dari respons sistem kekebalan alami tubuh dan dalam beberapa kasus hal itu berguna. Tapi, bila peradangan menjadi berkepanjangan atau kronis, itu dapat menyebabkan kondisi seperti penyakit jantung dan radang sendi.

Mengurangi peradangan dapat menurunkan risiko penyakit tersebut dan membantu mengelola gejala yang berhubungan dengan peradangan, seperti nyeri.

Baca Juga

Mengelola diabetes tipe 2
Banyak penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Tapi ada beberapa bukti yang bertentangan tentang seberapa efektif kayu manis dalam mengendalikan kadar gula darah, jadi bicarakan dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai pengobatan diabetes.

Turunkan kadar kolesterol
Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat mengendap pada pembuluh darah dan membangun plak di arteri, sehingga mengurangi aliran darah dan menurunkan suplai oksigen ke organ vital, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Cara mengkonsumsi kayu manis sendiri bisa dilakukan dengan memasukkan ke dalam teh atau kopi atau juga di masak dengan kari. Dosis umum kayu manis untuk membantu mengelola diabetes adalah sekitar satu hingga dua gram sehari atau setengah sendok teh.

Namun, tidak boleh menggunakan kayu manis untuk mengobati diabetes tanpa panduan medis. Jika Anda mempertimbangkan suplemen kayu manis, bicarakan dengan dokter Anda, karena mengonsumsi terlalu banyak kayu manis dapat berbahaya bagi hati Anda .

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA