Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Anak Diminta Aktif Sosialisasi Protokol Kesehatan Keluarga

Sabtu 17 Oct 2020 21:34 WIB

Red: Ratna Puspita

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kanan)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kanan)

Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Kreativitas dan inovasi anak-anak diharapkan berdampak positif dalam sosialisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga Forum Anak adalah jaringan yang cukup besar. Ia pun meminta anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak ikut aktif menyosialisasikan Protokol Kesehatan Keluarga untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya pada klaster keluarga. 

"Kreativitas dan inovasi anak-anak diharapkan berdampak positif dalam sosialisasi Protokol Kesehatan Keluarga," kata Bintang saat berdialog secara daring dengan para pegiat Forum Anak yang dipantau dari Jakarta, Sabtu (17/10).

Bintang mengatakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendapatkan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo setelah terjadi peningkatan keterpaparan Covid-19 pada klaster keluarga. Arahan Presiden adalah sosialisasi Gerakan 3M; yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; dengan melibatkan organisasi perempuan dan tokoh masyarakat dan penyusunan Protokol Kesehatan Keluarga.

Baca Juga

"Anak-anak sudah dilibatkan dalam sosialisasi 3M dan banyak kreativitas dan inovasi yang dilakukan. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada anak-anak hebat yang mengambil peran dalam pandemi Covid-19 ini," tuturnya.

Menurut Bintang, pandemi Covid-19 adalah situasi yang sulit bagi semua orang. Bila anak-anak dapat mengambil peran dalam penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 maka hal itu sangat luar biasa.

Ia mengatakan Protokol Kesehatan Keluarga mencakup empat aspek, yaitu protokol kesehatan keluarga secara umum, protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga yang terpapar, protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah, dan protokol kesehatan di lingkungan sekitar ketika ada warga yang terpapar. "Mohon anak-anak ikut mengambil peran, seperti saat anak-anak menyosialisasikan 3M secara masif," ujarnya.

Beberapa panduan dalam Protokol Kesehatan Keluarga secara umum adalah tentang 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. Selain itu juga menghindari kerumunan, meningkatkan daya tahan tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat, membatasi interaksi dengan orang lain, tidak merokok di dalam rumah, serta menerapkan etika batuk dan bersin.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA