Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Warga Habis Ambil Swab Harus Isolasi Sampai Hasil Keluar'

Ahad 18 Oct 2020 01:20 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto

Pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah. (Ilustrasi)

Pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah. (Ilustrasi)

Foto: Republika.co.id
Bila penyebaran virus semakin masif, maka upaya tracing akan semakin sulit.

REPUBLIKA.CO.ID, 'BATUSANGKAR -- Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan kasus positif covid-19 di Tanah Datar hari ini, Sabtu (17/10) bertambah orang. Total kasus positif covid-19 di Luhak Nan Tuo sampai hari ini tercatat 304 orang.

"Hari ini bertambah 6 orang. Tidak sebanyak kemarin. Tapi kita harus terus berupaya mencegah penularan," kata Roza.

Roza meminta, setiap warga yang baru saja mengikuti pengambilan sampel swab agar disiplin melakukan isolasi mandiri di rumah sampai pemeriksaan lab dengan PCR keluar. Karena bila tetap berinteraksi dengan orang lain dan ternyata hasil pemeriksaan swan positif akan memperpanjang mata rantai penularan covid-19.

"Kami juga minta bagi yang sudah menjalani tes swab agar disiplin isolasi di rumah. Ini untuk kebaikan keluarga dan lingkungan dan tidak merugikan orang lain. Jangan sampai sudah beraktifitas di luar rumah, ternyata hasilnya positif," ujar Roza.

Bila penyebaran virus semakin masif, menurut Roza, upaya tracing akan semakin sulit sehingga pengendalian pandemi akan semakin berat.

Roza merinci dari total 304 kasus positif covid-19 di Tanah Datar 2 orang dirawat di RSUD Pariaman,  1 orang dirawat di RSUP M Djamil Padang, 7 orang dirawat di RSAM Bukittinggi, 2 orang dirawat di RS Ibnu Sina Padang Panjang, 2 orang dirawat di RSUD Padang Panjang, 5 orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar, 10 orang karantina di PPSDM Baso, 2 orang karantina di Padang Panjang, dan 80 orang isolasi mandiri, 185 sudah sembuh hasil dengan hasil negatif, dan meninggal dunia 8 orang.

Sebanyak 6 orang yang dinyatakan positif hari ini berasal dari Kecamatan X Koto 4 orang dari dari Kecamatan Tanjung Emas 2 orang. Roza juga menginformasikan hari ini ada 2 orang dinyatakan sembuh, yakni berasal dari Kecamatan Sungai Tarab 1 orang dan 1 orang dari Kecamatan X Koto.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA