Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

UBSI Yogyakarta Latih Mahasiswa Bentuk Jiwa Courtesy

Sabtu 17 Oct 2020 18:10 WIB

Red: Irwan Kelana

Prodi Perhotelan kampus UBSI Yogyakarta  menggelar webinar online yang bertajuk ‘Melatih Mahasiswa Untuk Memiliki Jiwa Courtesy Dalam Melayani Tamu Didalam Hotel’.

Prodi Perhotelan kampus UBSI Yogyakarta menggelar webinar online yang bertajuk ‘Melatih Mahasiswa Untuk Memiliki Jiwa Courtesy Dalam Melayani Tamu Didalam Hotel’.

Foto: Dok UBSI
Courtesy atau sopan santun sangat penting dalam dunia perhotelan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Program studi (Prodi) Perhotelan kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Yogyakarta sukses menggelar webinar online yang bertajuk ‘Melatih Mahasiswa Untuk Memiliki Jiwa Courtesy Dalam Melayani Tamu Didalam Hotel’ melalui aplikasi Zoom pada Kamis (15/10). 

Pembicara yang dihadirkan yakni Chef Ali Sabani. Ia merupakan Executive Chef Hotel Gallery Prawirotaman Yogyakarta. Dalam pemaparannya, Ia  menyatakan bahwa poin  yang menjadi dasar seseorang yaitu penampilan diri, personality, loyality dan komunikasi. 

“Selain itu,  courtesy atau sopan santun sangat penting dalam dunia perhotelan. Sopan santun tindak tanduk dalam pelayanan tamu hotel sehingga tamu merasa nyaman, merasa betah dan merasa puas untuk tinggal di hotel tersebut yang nantinya harapan dari management tamu tersebut bisa kembali menjadi repeater juga bisa merekomendasikan kepada yang lain,” ujar Chef Ali, sapaan akrabnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Chef Ali menambahkan courtesy dan operasional di hotel tidak hanya sekedar sopan santun saja, melainkan ada grooming untuk penampilan staf, bagaimana cara menghadapi komplain tamu dengan memahami karakter dari tamu tersebut. 

“Tamu memiliki beberapa tipikal, ada yang pendiam, ada yang tidak sabaran, ada juga pelanggan yang banyak bicara. Sehingga,  kita harus mampu menangani semua tipikal tamu dengan memahami karakternya,” ujarnya. 

Chef Ali berpesan kepada mahasiswa agar senantiaasa belajar membiasakan diri dengan kata maaf, tolong dan terima kasih.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA