Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Amankah Pakai Sheet Mask Terlalu Lama?

Sabtu 17 Oct 2020 07:39 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

'Sheet Mask' kian digemari sebagai produk perawatan kecantikan (Foto: ilustrasi sheet mask)

'Sheet Mask' kian digemari sebagai produk perawatan kecantikan (Foto: ilustrasi sheet mask)

Foto: Pexels
'Sheet Mask' kian digemari sebagai produk perawatan kecantikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tersedia berbagai jenis masker wajah yang bisa dipilih untuk perawatan kecantikan. Salah satunya adalah sheet mask, lembaran masker yang mengandung cairan serum. Cara pemakaiannya, cukup ditempelkan ke wajah selama beberapa saat.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Kardiana Purnama Dewi, memakai sheet mask hampir sama seperti pemakaian serum. Keunggulannya, bahan aktif pada produk bisa meresap lebih cepat karena melingkupi semua bagian wajah tanpa ada yang terlewat.

Sebagian orang lebih memilih sheet mask daripada masker perawatan wajah jenis lain karena memakainya cukup nyaman. Berbeda dengan clay mask yang membuat wajah menjadi kaku saat masker mengeras, tidak demikian dengan sheet mask.

Pemakaian sheet mask yang disarankan adalah 15-20 menit, tentunya setelah terlebih dahulu membersihkan wajah dari semua kotoran atau riasan. Terkait frekuensi pengaplikasiannya, Dewi mengatakan itu tergantung pada bahan aktif di dalamnya.

Tidak ada efek samping tertentu dari pemakaian sheet mask yang dilakukan setiap hari atau terlalu lama. Dengan catatan, pemakainya tidak memiliki riwayat alergi terhadap bahan tertentu dan kulitnya tidak sensitif. Meski demikian, pemakaian terlampau lama juga tidak disarankan.

"Sama seperti kalau berenang terlalu lama, kulit akan menampung air terlalu banyak. Memakai sheet mask semalaman tidak akan ada efek berbahaya, tapi kalau terus-menerus juga tidak baik," ucapnya.

Penjelasan Dewi disampaikan pada sesi webinar besutan Rojukiss, Jumat (16/10). Jenama kecantikan asal Korea Selatan itu memperkenalkan enam varian produk sheet mask untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah dan sejumlah masalah kulit lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA