Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Saran Dokter untuk Atasi Pori-Pori Besar di Kulit Wajah

Sabtu 17 Oct 2020 05:55 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Perlu serangkaian perawatan tepat dan rutin untuk atasi pori-pori besar di wajah (Foto: ilustrasi perawatan wajah)

Perlu serangkaian perawatan tepat dan rutin untuk atasi pori-pori besar di wajah (Foto: ilustrasi perawatan wajah)

Foto: becomegorgeous.com
Perlu serangkaian perawatan tepat dan rutin untuk atasi pori-pori besar di wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit kaum hawa maupun para pria yang mencari beragam solusi untuk dapat mengecilkan tampilan pori-pori besar pada wajah. Untuk meminimalisasi kondisi itu, perlu serangkaian perawatan yang tepat dan rutin.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Kardiana Purnama Dewi, membagikan tips untuk mengatasinya. Hal utama adalah rajin membersihkan wajah, yang dia sampaikan pada peluncuran produk perawatan kecantikan asal Korea Selatan, Rojukiss, Jumat (16/10).

"Saat wajah kotor, kemungkinan ada sumbatan, apalagi kalau menggunakan make up, atau terpapar debu saat beraktivitas outdoor dan terkena polusi. Pastikan muka selalu dalam keadaan bersih," kata Dewi.

Sebelum tidur, wajib hukumnya menghilangkan semua kotoran dan riasan terlebih dahulu. Lakukan pembersihan menyeluruh, menggunakan sabun cuci wajah sesuai jenis kulit. Gunakan pula pelembap supaya kulit tidak kering dan membantu regenerasinya.

Memakai produk untuk eksfoliasi sekali sepekan juga akan membantu proses regenerasi sel kulit. Jika kulit wajah berminyak, jangan lupa memilih produk yang mengandung bahan khusus untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Dewi menyarankan memilih produk dengan kandungan bahan alami witch hazel karena memiliki efek seperti astringent. Bahan alami tersebut dapat mengurangi produksi minyak berlebih tanpa membuat kulit kering dan iritasi, juga mengurangi inflamasi.

Ketika beraktivitas pagi dan siang hari, selalu aplikasikan tabir surya pada wajah karena sinar matahari merupakan salah satu pencetus pori-pori besar. Semua rangkaian tips tersebut harus dilakukan secara terus-menerus.

"Dengan perawatan yang rutin dan intens, hasilnya akan kelihatan, tapi tidak bisa instan atau cuma sekali. Segala hal yang kita lakukan pada kulit pasti akan terlihat impact-nya," tutur Dewi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA