Jumat 16 Oct 2020 21:21 WIB

Vinales Dominasi FP2 GP Aragon, Ducati Lamban

Sesi latihan pertama sempat tertunda karena suhu udara pagi yang dingin.

Maverick Vinales
Foto: Antonio Calanni/AP
Maverick Vinales

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maverick Vinales masih menjadi yang tercepat setelah dua sesi latihan bebas Grand Prix Aragon, Jumat (6/10), sedangkan Ducati kepayahan menemukan kecepatannya. Setelah sesi latihan pertama sempat tertunda karena suhu udara pagi yang dingin, sebagian besar pembalap yang turun dalam sesi latihan siang tetap menggunakan ban soft. Namun Yamaha mampu mencetak waktu yang kompetitif menggunakan ban belakang medium, sebelum berganti ke ban soft untuk time attack.

Vinales mencetak waktu satu menit 47,771 detik untuk kembali mengungguli duet tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli dengan jarak 0,2 detik. Ini membuat ketiga pe,balap Yamaha itu belum terkalahkan oleh rival mereka pada dua sesi latihan Jumat, demikian laman resmi MotoGP.

Baca Juga

Hanya tiga pembalap Yamaha yang diturunkan di Aragon setelah Valentino Rossi kedapatan positif terjangkit Covid-19 pada Kamis (15/10). Penbalap Italia itu juga kemungkinan melewatkan seri kedua di Aragon pekan depan.

Sedangkan test rider Honda Stefan Bradl masih dimandati Honda untuk menggantikan Marc Marquez yang cedera.

Pada sesi 45 menit kedua yang lebih hangat siang itu, seluruh pebalap mampu memperbaiki catatan waktunya.

Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar menjadi penantang terdekat trio Yamahadengan selisih 0,730 detik di P4 sedangkan Cal Crutchlow menjadi pembalap Honda tercepat di P5, mengalahkan Alex Marquez dan Takaaki Nakagami yang tergeser ke P8 dan P9.

Aleix Espargaro membawa Aprilia menembus peringkat enam terbaik mengungguli sang adik Pol yang membalap untuk tim KTM di P7. Alex Rins membawa motor Suzuki kedua ke peringkat sepuluh demi mendapat slot sementara lolos langsung ke Q2.

Sementara itu, Ducati lagi-lagi belum menemukan kecepatannya seperti halnya penampilan mereka pada sesi pagi yang gagal menyaksikan mesin Desmosedici menembus sepuluh besar.

Johann Zarco finis P11 untuk tim Esponsorama Racing setelah terjatuh di Tikungan 2 pada akhir sesi.

Catatan waktu pembalap Prancis itu lebih baik dari rekan satu timnya, Tito Rabat, Andrea Dovizioso dari tim pabrikan Ducati, Jack Miller dari tim Pramac racing dan juara Le Mans Danilo Petrucci. Sementara Francesco Bagnaia finis P19.

Sesi FP3 pada Sabtu dalam semua kelas akan diundur setengah jam untuk memungkinkan suhu trek yang lebih aman setelah FP1 MotoGP sempat ditunda selama 35 menit pagi tadi.

Sepuluh besar catatan terbaik setelah dua sesi latihan

1 Maverick Viñales Monster Yamaha (YZR-M1) 1'47,771

2 Fabio Quartararo Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,249

3 Franco Morbidelli Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,447

4 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,730

5 Cal Crutchlow LCR Honda (RC213V) +0,827

6 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP) +0,899

7 Pol Espargaro Red Bull KTM (RC16) +0,975

8 Alex Marquez Repsol Honda (RC213V)* +1,052

9 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) +1,053

10 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) +1,068

*rookie

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement